UKM PIK-PAS STKIP Pasundan Wadah Aspirasi dan Keluh Kesah Mahasiswa

ADVERTISEMENT

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COMBerangkat dari keinginan civitas kampus untuk mewadahi aspirasi dan keluh kesah mahasiswa, maka lahirlah UKM PIK-PAS atau Pusat Informasi Konseling Mahasiswa atau COS (Central of Sharing) STKIP Pasundan Cimahi yang disahkan dan ditetapkan pada tahun 2018.

“UKM ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa agar tetap semangat dalam menjalani hidup, mengingat begitu banyaknya permasalahan yang ada pada remaja menjadikan kami semangat dalam membantu apa yang menjadi permasalahan mereka,” terang anggota dari PIK-PAS, Muhammad Hasbi Ashshidiq.

UKM yang memiliki visi CERIA atau cerdas, inspiratif dan aktif ini juga memiliki misi untuk menjadi UKM yang cerdas dalam menanggapi permasalahan khususnya pada remaja, inspiratif atau menjadi role model orang yang senantiasa memberikan contoh baik kepada masyarakat.

“Kami juga kerap mengadakan kumpul rutin pengurus dengan anggota atau sharing serta bersama-sama menyiapkan pemilihan Duta Mahasiswa dan Duta Genre yang rutin dilaksanakan dalam setahun sekali yang dilakukan oleh duta mahasiswa terpilih tahun sebelumnya,” terang Hasbi belum lama ini kepada pasjabar.

Di samping itu, PIK-PAS aktif dalam mengikuti Ajang Pemilihan Duta Genre tingkat Kabupaten dan Kota, turut menjadi narasumber dalam program “COS” central Of Sharing di tingkat Sekolah dan Masyarakat yang  sosialisasi programnya dilakukan oleh duta terpilih.

“Kami juga melaksanakan pemilihan duta genre dan duta mahasiswa dan melaksanakan kegiatan Konseling dengan Mahasiswa,” tambahnya.

Untuk anggota, lanjut Hasbi terbagi menjadi anggota tetap dan anggota tidak tetap. untuk Anggota tetap adalah Pengurus yang mengurus UKM PIK-PAS diantaranya Duta Genre dan dan Duta Mahasiswa “Putra dan Putri” STKIP Pasundan terhitung dari Tahun 2016 – 2019. Sementara itu, anggota tidak tetap adalah Seluruh Mahasiswa STKIP Pasundan.

“Sejauh ini kami juga sudah mengadakan sosialisi Program Duta Genre dan Duta Mahasiswa di lingkungan Kampus, mengadakan Ajang Pemilihan Duta Genre dan Duta Mahasiswa, Mengadakan Sosialisasi dan menjadi narasumber di lingkungan Sekolah tingkat SMP dan SMA se-derajat di Kabupaten dan Kota daerah seperti yang sudah terlaksana di beberapa daerah Kabupaten dan Kota yaitu di Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung,” tandasnya.

Prestasi yang diraih yaitu menjadi Top 3 Duta Genre Kota Cimahi tahun 2016, Top 3 Duta Genre Kota Cimahi tahun 2017 dan Duta Genre favorit Kabupaten Bandung Barat tahun 2018.

“Harapan kedepan untuk UKM ini adalah tetap menginspirasi dalam keadaan apapun dan dimana pun karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk sesama, menebar kebaikan adalah hal yang harus ditanamkan dalam diri dan menjadi kunci utama bagi suksesnya UKM PIK-PAS agar terwujudnya Mahasiswa “CERIA” Cerdas,  Insipratif dan Aktif,” pungkasnya. (Tan)

admin

Recent Posts

Kepemimpinan Khalifah dalam Islam untuk Memelihara Alam Semesta

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM —…

20 menit ago

Timnas Indonesia U-20 Cukur Maladewa 4 Gol Tanpa Balas

WWW.PASJABAR.COM – Timnas Indonesia U-20 tampil cemerlang dengan mencetak tiga gol indah dalam waktu lima…

11 jam ago

Kang Arfi-Teh Yena Sudah Susun Banyak Program Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar…

11 jam ago

Akses Jalan Ditutup Tembok Setinggi 3 Meter, Akses Warga Terganggu

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sebuah gang di Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung ditutup tembok. Akibatnya…

11 jam ago

Pemkot Bandung Siap Hadapi Musim Hujan, Fokus Antisipasi Banjir dan Sampah Liar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah mempersiapkan berbagai langkah antisipatif untuk menghadapi potensi…

11 jam ago

Peningkatan Produksi Pertanian dalam PKM di Sumedang

SUMEDANG, WWW.PASJABAR.COM -- Dalam mengabdikan dirinya kepada masyarakat, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) program studi…

12 jam ago