Mantap! GBK Masuk Nominasi Stadion Terbaik di ASEAN

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMKabar manis datang di tengah pandemi virus corona atau COVID-19 dan terhentinya kompetisi sepak bola Indonesia. Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta masuk dalam nominasi stadion termegah dan ikonik di Asia Tenggara.

Nominasi itu diumumkan Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC. Total, ada lima stadion di Asia yang masuk dalam nominasi tersebut.

Selain GBK, empat stadion lainnya adalah Stadion Bukit Jalil (Malaysia), Stadion Australia (Australia), Stadion My Dinh (Vietnam), dan Stadion Rajamangala (Thailand).

Melalui situs resminya, AFC pun mengajak publik untuk memilih tiga stadion terbaik di Asia Tenggara. Hal ini jelas jadi kesempatan bagi publik pecinta sepak bola Indonesia untuk menempatkan GBK sebagai stadion terbaik di Asia Tenggara.

“Asia memiliki beberapa stadion terbaik di dunia, tempat ikonik yang secara rutin menghadirkan ribuan penggemar di tribun untuk mendukung tim favorit mereka. Kami menghadirkan beberapa stadion terbaik di Asia, dimulai dengan lima stadion paling ikonik di kawasan ASEAN,” dikutip dari situs resmi AFC.

AFC menyebut GBK merupakan stadion yang sangat menakjubkan. Selain itu, GBK merupakan salah satu ikon Indonesia serta merupakan salah satu venue olahraga paling unik.

Salah satu kemegahan Stadion Gelora Bung Karno yang disorot AFC adalah atap ikonik GBK yang dikenal dengan julukan ‘Temugelang’. Atap ini berbentuk oval dan menutupi seluruh tribun. Sehingga, hal ini semakin mempercantik tampilan GBK.

Kemegahan yang terpampang di stadion yang berkapasitas Dengan kapasitas 77.193 tempat duduk ini tak terlepas dari renovasi besar-besaran saat Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 2018. Sehingga, ada banyak perubahan signifikan yang dilakukan.

Stadion GBK sendiri dibangun untuk menjadi tuan rumah Asian Games keempat pada tahun 1962. GBK merupakan saksi bisu dari berbagai event olah raga, termasuk sepak bola.

Bahkan, hingga kini, GBK merupakan stadion paling bergengsi dan kerap dijadikan venue final pertandingan sepak bola. Persib pun pernah mencicipi gelar juara di stadion ini. Yang paling berkesan tentu juara Liga Indonesia I 1994/1995 dan Piala Presiden 2015. (ors)

admin

Recent Posts

Debat Calon Wali Kota Cimahi: Dari UMKM hingga Investasi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Debat publik perdana calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang berlangsung…

51 menit ago

Sumpah Pemuda dan Kebangkitan Pemuda Sunda

Oleh: Firdaus Arifin, Dosen YPT Pasundan Dpk FH Unpas (Sumpah Pemuda) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pada…

2 jam ago

Jelang Hadapi Persik Kediri: Persib Bandung Lelah, tapi Tak Akan Menyerah

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung tengah berada dalam kondisi tak diuntungkan. Kelelahan demi kelelahan benar-benar…

5 jam ago

Misi Besar dan Berat Persib di Kandang Persik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib bandung bakal dijamu Persik Kediri dalam lanjutan Liga 1 2024/2025 di…

6 jam ago

Imperialisme Baru

Oleh: Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M.Si, Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan (Imperialisme…

7 jam ago

Hari Pangan Sedunia di Bandung: Kolaborasi untuk Ketahanan Pangan dan Ekonomi Lokal

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-44 di Kota Bandung diselenggarakan dengan meriah pada…

18 jam ago