PASPENDIDIKAN

Unisba Tetap Laksanakan KKN Meski Pandemi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih melanda, tidak menghalangi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FKT) Unisba untuk tetap melaksanakan salah satu kegiatan akademiknya dalam bidang pengabdian kepada masyarakat yakni Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kegiatan yang diikuti sebanyak 146 mahasiswa tingkat akhir FKT Unisba  yang terdiri dari  112 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam dan 34 orang mahasiswa Prodi PG-PAUD ini dengan resmi dilepas oleh Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H., secara virtual melalui aplikasi zoom, Jumat (17/07).

Dalam sambutannya Rektor mengatakan, KKN ini dapat dikolaborasikan dengan spirit 3M (Mujahid, Mujtahid dan Mujaddid). “Melalui spirit 3M, paling tidak saudara bisa mengimplementasikannya baik sebagai pejuang yaitu mencerdasakan anak bangsa, pemikir dan inovator. Juga harus menunjukan sebagai mahasiwa Unisba yang bisa bekerja keras dan memberiksan solusi terhadap persoalan-persoalan masyarakat dimana KKN dilaksanakan, serta memberikan pemikiran dan inovasi baru untuk kemajuan masyarakat yang kita tuju,” ungkapnya.

Beliau berpesan kepada para peserta KKN untuk selalu menjaga nama baik Unisba dengan menyebarkan kebaikan yang berasal dari kebaikan Unisba. “Bawalah nama baik Unisba dengan label Islam sebagai identitas universitas kita. Tunjukanlah kompetensi bahwa kalian adalah mahasiswa FTK yang mempunyai kompetensi dan akhlakul karimah yang tinggi. Ini yang harus ditunjukan ke masyarakat kita dengan menunjukan bahwa Unisba adalah universitas besar yang mahasiswanya berkompeten dibidangnya dan berbudi pekerti yang tinggi,” paparnya.

Sedangkan, Wakil Rektor I Unisba, Ir. A. Harits Nu’man, M.T., Ph.D., IPM, mengatakan, para peserta KKN ini harus selalu mengutamakan dan mempertahankan 3 aspek yakni personal blookments, institusional development dan community development. “Dengan ketiga aspek tersebut, peserta harus dapat mengaktualisasi dirinya dimasyarakat, dan mengimplementasikan atau melakukan knowledge sharing kepada masyarakat disekitarnya, bahkan dipemerintahan desanya. Selain itu, KKN ini pun akan berimbas bagi Unisba khususnya FTK yang akan dikenal oleh masyarakat sekitar, bisa positif atau negatif,” ungkapnya.

Sementara itu, Dekan FTK Unisba, Enoh, Drs., M.Ag., memandang KKN ini masih relevan untuk Tri Dharma Perguruan Tinggi secara integral oleh para mahasiswa khususnya. Harapannya, walaupun KKN kali ini dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19, FTK Unisba tetap dapat memberikan kontribusi positif terhadap pemberdayaan masyarakat.

Ketua Pelaksana KKN, Khambali, M.Pd.I, menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan mulai 17 Juli s.d. 14 Agustus serta dilakukan secara mandiri maupun kelompok dengan jumlah anggota maksimal 06 orang. Selain itu menurutnya, lokasi pelaksanaannya terbagi di beberapa Kota dan Kabupaten yaitu Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, Kab. Garut, Banten, Kota Pekalongan, Kab. Brebes, Kota Bogor, Kab. Cianjur, Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis dan Kab. Sijunjung Sumatera Barat. “Lokasi yang ditetapkan ini sesuai dengan wilayah tempat tinggalnya. Ada beberapa kelompok yang sudah berada di Bandung sehingga tidak mungkin kembali lagi ke wilayahnya, jadi yang bersangkutan melaksanakan KKN di Kota Bandung,” ungkapnya.

Pak Khambali mengatakan, KKN ini mengambil tema “Melalui KKN Kita Tingkatkan Kepedulian  terhadap Pendidikan  Masyarakat di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru” sesuai kondisi saat ini yang berada ditengah pandemi Covid-19. Sehingga menurutnnya, pelaksanaanya dilaksanakan secara daring yang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah serta memenuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan pada air yang mengalir, dan lainnya dalam rangka menghindarkan diri dari penyebaran Covid-19. “Aktivitas dan program KKN sangat diupayakan secara daring. Namun jika sangat dibutuhkan tatap muka, maka wajib memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan. Untuk pembimbingan dan lokakarya tetap dilaksanakan secara daring,” pungkasnya.(*/tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Sempurna! Persib Bawa 3 Poin di Kandang Persik Kediri

WWW.PASJABAR.COM -- Persib Bandung meraup hasil sempurna 3 poin saat dijamu Persik Kediri dalam lanjutan…

19 menit ago

Nova Arianto Malu dengan Laga Indonesia Vs Australia

WWW.PASJABAR.COM -- Pelatih Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto malu saat timnya bermain "sabun" dengan Timnas…

1 jam ago

Unpas dan Komisi Yudisial Perpanjang MoU, Wujudkan Sistem Peradilan Bersih

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Universitas Pasundan (Unpas) memperpanjang nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan…

3 jam ago

“Panen Raya Khairina” Wakaf Salman Kenalkan Aset Produktif di Desa Cimenyan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM--Wakaf Salman mengajak para donaturnya mengunjungi salah satu aset wakaf produktif berupa kebun dan…

3 jam ago

Timnas U-17 Indonesia lolos Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas U-17 Indonesia lolos Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Hal ini dipastikan setelah…

3 jam ago

Wisuda Periode 2 Unjani: 2.713 Lulusan Siap Jadi Agen Perubahan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Universitas Jenderal Achmad Yani atau Unjani Kota Cimahi wisuda sebanyak 2.713 wisudawan…

4 jam ago