PASBUDAYA

Padepokan Maenpo Buana Bagaspati Lestarikan dan Kembangkan Pencak Silat

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMBerawal dari sekelompok orang dengan tujuan yang sama untuk melestarikan bela diri khas Indonesia, khususnya Jawa Barat yaitu Pencak Silat maka lahirlah  Padepokan Maenpo Buana Bagaspati yang didirikan pada 1 Agustus 2019 oleh Bekti Ramadhan S.Pd  selaku pengawas, Beti Setiamah S.P., M.M selaku penasehat, Baran Bhuana, S.Pd., C.Esther selaku pembina, Iqbal Maulana selaku ketua juga anggota pengurus serta peserta didik yang mendukungnya yang berlokasi di Jl. Giri Rahayu 3, No. 9, Komplek Simpay Asih, Kota Bandung.

Adapun padepokan ini merupakan sebuah ranting dari Padepokan Pusat yaitu Padepokan Maenpo Giri Pusaka cabang Kota Bandung Giri Lawung. Selain itu Padepokan Maenpo Giri Pusaka juga mempunyai 2 cabang lainnya yaitu cabang Kota Garut Cakra Buana dan Kota Tasik Pusaka Sundara.

Ketua Padepokan Maenpo Buana Bagaspati, Iqbal Maulana mengungkapkan bahwa padepokan ini memiliki visi untuk melestarikan budaya pencak silat Indonesia dan mencetak atlet Maenpo yang berjiwa spiritual keagamaan, berbudi pekerti luhur, berkesenian, berjiwa kesatria, berprestasi dan cinta Tanah Air.

“Kami juga memiliki misi untuk Melestarikan kebudayaan Indonesia yang luhur dan beradab melalui seni budaya Pencak Silat atau Maenpo, Melestarikan dan mengembangkan serta memasyarakatkan Pencak Silat atau Maenpo di kalangan pelajar dan masyarakat lainnya,” jelasnya.

Di samping itu juga lanjut Iqbal adalah tercapainya tujuan pembinaan anggota Padepokan melalui Pencak Silat atau Maenpo yang sehat dan sportivitas tinggi, membentuk, mendidik, serta membimbing kader-kader pesilat agar memiliki sikap kesatria, disiplin tinggi, serta sehat dan kuat lahir dan batin serta mencetak atlet-atlet Maenpo yang berprestasi .

“Untuk agenda rutin Padepokan Maenpo Buana Bagaspati biasanya adalah Kaderisasi peserta didik di awal tahun dengan sistem kegiatan camping dan outbound juga Sosialisasi dan Promosi pencak silat ke sekolah sekolah tingkat SMP dan SMA untuk menarik minat yang mana kedepannya pencak silat dapat dijadikan sebagai ekstra kurikuler di Sekolah yang bersangkutan,” paparnya.

Tidak hanya itu diadakan pula Ujian Kenaikan tingkat setiap 6 – 12 bulan sekali sesuai tingkatan sabuk peserta didik yang dibedakan dari warna sabuknya, Turut aktif mengikuti ajang perlombaan pencak silat secara offline ataupun online, Pelatihan Nayaga dan membentuk tim kesenian, Menjual marchandise Padepokan Maenpo Buana Bagaspati dan Bakti sosial, khususnya selama Pandemik COVID 19 berlangsung.

“Event yang sudah dilakukan oleh Padepokan Maenpo Buana Bagaspati adalah Out Bound pada Januari 2020 di Cantiggi Camp Bandung, Bakti Sosial membantu keluarga terdampak Covid-19 juga Penyuluhan terkait menyikapi Covid-19 di Padepokan Maenpo Buana Bagaspati dengan narasumber IPTU Sunyoto dari Polda Jabar pada Juli 2020,” tandas Iqbal.

Padepokan yang memiliki  77 orang anggota ini juga telah melaksanakan Ujian Kenaikan Tingkat peserta didik Padepokan Maenpo Buana Bagaspati Ke-1 pada Agustus 2020 serta Brand Activation dan Promosi Padepokan Maenpo Buana Bagaspati melalui perlombaan Koreografi silat pada Agustus 2020.

Untuk prestasi  Padepokan ini pun pernah menjadi  Perwakilan SDN Loka Jaya sebagai peserta didik Buana Bagaspati Juara 2 Lomba Stimuno Land yang di gelar di Paris Van Java Mall pada 3 Desember 2019 serta Juara Harapan 1 kategori Ibing Tunggal Puteri dan Juara Harapan 2 kategori Ganda Puteri Festival Pencak Silat Ke VI Rukun Setia Wargi pada 25 Januari 2020 di Teras Sunda.

Di samping itu juga menjadi Juara Umum Pasanggiri Giri Pusaka dengan total 22 trophy dari 17 atlet pada 26 Des 2019 yakni Juara I, II, dan III ibing tunggal puteri anak,  Juara Harapan I Ibing tunggal puteri anak, Juara I dan III Ibing tunggal putera anak, Juara Harapan I, II, dan III Ibing tunggal putera anak, Juara I dan II Ibing tunggal puteri remaja, Juara Harapan II Ibing tunggal puteri remaja, Juara I dan III Ibing tunggal putera remaja, Juara Harapan I Ibing tunggal putera remaja, Juara I Demonstrasi puteri remaja, Juara II Demonstrasi putera remaja, Juara II Demonstrasi puteri anak, Juara I Rampak dan Juara I Kostum Terbaik.

“Ke depan kami berencana  Mencetak atlet Maenpo yang bertaqwa kepada Tuhan YME, berbudi pekerti luhur, dan berprestasi juga cinta tanah air,  Selalu turut aktif dalam kegiatan-kegiatan perlombaan yang di adakan di tingkat Regional, Nasional, dan jika memungkinkan Internasional juga mengikuti event perlombaan Merpati Putih Open yang menurut pemberitaan akan digelar Desember 2020,” tambahnya.

Selain itu juga tambah Iqbal akan Mengikuti event perlombaan Al-Ghifari Cup dan saat ini sedang mengikuti perlombaan koreografi silat Festival Pentjak Djawara yang di adakan oleh salah satu Media online di Jawa Timur juga membangun partnership dan dapat membuat event-event kejuaraan silat mulai dari Tingkat Kabupaten dan Kota Bandung kemudian berlanjut ke tingkat Nasional.

“Kami berharap kedepannya semoga organisasi ini dapat berkembang sesuai Visi dan Misinya, dapat mengembangkan potensi dan bakat peserta didik beserta pengurusnya agar Padepokan ini mampu menghasilkan atlet-atlet Maenpo yang berkualitas, berbudi pekerti luhur, dan cinta tanah air,” pungkasnya. (Tan)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

14 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

51 menit ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

1 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

2 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

3 jam ago