PASOLAHRAGA

Robert Alberts Tak Tertarik Berbisnis

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPara pesepakbola profesional banyak yang mengeluti bisnis di luar dunia sepak bola. Ini sebagai pijakan untuk masa depan mereka setelah pensiun sebagai pesepakbola profesional.

Di Persib misalnya ada Kim Kurniawan yang memiliki usaha tempat cukur dan pakaian. Ada Dedi Kusnandar yang dikenal sebagai pengusaha sekaligus juragan tempat kos. Di luar mereka, ada juga yang menggeluti bisnis, seperti Nick Kuipers dan Zalnando.

Namun, pelatih Robert Rene Alberts tidak tertarik untuk menjalankan bisnis di luar dunia sepak bola. Ia lebih memilih fokus pada pekerjaannya sebagai pelatih.

“Saya tidak ada niatan untuk berbisnis saat ini, hanya fokus pada sepak bola saja,” ujar Robert.

Menurutnya, fokus pada pekerjaan sebagai pelatih harus dilakukan. Sebab, ada tanggung jawab besar yang diemban dan target yang harus diwujudkan.

“Penting untuk fokus terhadap sepak bola dan fokus terhadap hasil pertandingan,” ungkapnya.

Itu dirasa akan berbeda jika di saat bersamaan ia menggeluti bisnis. Fokusnya akan terbagi, satu sebagai pelatih, di sisi lain sebagai pebisnis. Bahkan, ia menegaskan saat ini seluruh waktu hingga pikirannya hanya difokuskan untuk Persib.

“Pekerjaan saya hanya berkonsentrasi penuh untuk Persib Bandung untuk mengantarkan hasil terbaik bagi Persib. Saya tidak bisa memikirkan hal lain karena saya berkonsentrasi penuh agar Persib Bandung menjadi juara,” jelas Robert.

Ia sendiri merespon positif jika ada pemainnya yang menggeluti bisnis. Sebab, mereka memiliki waktu relatif lebih luang ketimbang pelatih. Sehingga, daripada melakukan hal tak bermanfaat, berbisnis bisa jadi kegiatan alternatif di luar sepak bola.

“Pemain ada banyak waktu selain mempersiapkan diri berlatih dan tidak perlu memikirkan hal lain. Jadi, untuk berbisnis, itu positif untuk karir setelah menjadi pesepakbola (selesai),” ucapnya.

“Sedangkan untuk pelatih, waktu 24 jam dihabiskan dengan tugas sebagai pelatih di kepala. Jadi tidak ada waktu untuk hal lain,” tandas Robert. (ors)

Yatti Chahyati

Recent Posts

David da Silva Bakal Main di Laga Madura United Vs Persib Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Angin segar datang bagi Persib Bandung. Sang striker andalan, David da Silva,…

35 menit ago

Usai Hadapi Madura United, Persib Langsung Tancap Gas ke China

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung benar-benar disiksa dengan jadwal padat. Selain tampil di Liga 1…

2 jam ago

Tanggap Darurat Gempa, Pemkab Bandung Terus Gulirkan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masa tanggap darurat penanganan bencana gempa bumi Kabupaten Bandung dari sejak terjadi…

3 jam ago

Pemkab Bandung Terus Optimalkan Penanganan Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terus fokus dan mengoptimalkan penanganan bencana gempa yang…

4 jam ago

Fluktuasi Harga Pangan: Beras SPHP Turun, Cabai Merah Keriting dan Telur Naik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat adanya fluktuasi harga pada beberapa komoditas pangan…

5 jam ago

Dimas Drajad, Idola Baru Bobotoh Persib yang Menggila

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dimas Drajad kini menjelma jadi idola baru bagi Bobotoh Persib. Sebab, penyerang…

6 jam ago