HEADLINE

Unikom Akui Biaya Wisuda Online Rp3,7 Juta Dan Akan Dikembalikan Sisanya

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Universitas Komputer Indonesia (Unikom) memberikan klarifikasi sehubungan dengan adanya berita-berita di Media Sosial tentang Wisuda Online/ Daring  sejak beredarnya sebuah video keluhan seorang ibu dari wisudawati Unikom mengenai biaya wisuda Unikom yang dianggap terlalu mahal.

Direktur Humas dan Protokoler UNIKOM , Desayu Eka Surya mengungkapkan bahwa biaya wisuda bukan sebesar Rp. 3.770.000,- melainkan Rp 2.695.000.-

“Biaya wisuda ditetapkan jauh sebelum pandemik Covid dan nilainya sama seperti tahun sebelumnya atau tidak ada kenaikan, tetap 2.695.000,-” terangnya kepada wartawan dalam jumpa pers, Senin (5/10/2020) via zoom.

Di sampaikan Desayu sebelumnya bahwa biaya kelulusan yang mencapai Rp. 3.770.000,- untuk jenjang S1 adalah total biaya meliputi biaya wisuda, biaya sidang, HKI, dan biaya buku ke perpustakaan.

“Sesuai harapan wisudawan untuk melaksanakam wisuda secara offline atau luring diundurkan dari bulan April 2020 ke 24 Oktober 2020 dengan harapan sudah aman dari pandemi Covid 19. Namun ternyata hingga kini Covid 19 masih tinggi sehingga tidak memungkinkan utk wisuda offline atau luring,” terangnya.

Di samping itu, terang Desayu alokasi biaya offline atau luring ke biaya online atau daring baru dapat dilakukan setelah aktivitas PMB dan perkuliahan dilaksanakan.

“Hasil rapat panitia wisuda online atau daring menunjukkan ada sisa dana yang belum teralokasi. Dana ini akan dikembalikan ke wisudawan melalui nomor rekening masing-masing,” urainya.

Adapun terkait box toga, jelas Desayu adalah box yang dibuat dan dipesan khusus dengan kualitas yang bagus. begitu juga dengan kondisi baju saat pengiriman dalam keadaan baru diterima dari vendor penjahit.

“Masker dan faceshield diberikan sebagai persiapan wisuda offline dan sudah dipesan jauh sebelumnya. Kemudian Masker scuba dipesan sebelum ada larangan penggunaan scuba, dan dipesan di toko bukan di pinggir jalan. Masker yang kami terima pun dalam keadaan terkemas rapih dalam plastik,” ujarnya.

Desayu menambahkan bahwa kelengkapan wisuda dikirimkan dan diserahkan ke PT. Pos Indonesia dalam kondisi rapih. Kemudian dibungkus kembali oleh PT. Pos sebagai upaya pengamanan box agar tidak rusak atau kotor.

Adapun Ijasah dan Transkrip akademik UNIKOM selalu diserahkan pada saat Wisuda offline atau Llring. Serta untuk wisuda online atau daring Ijazah, transkript copy ijazah, copy transkrip dikirim melalui PT. Pos sesuai alamat yang diisi wisudawan.

“Menyebarkan berita internal kampus sendiri apalagi berita Hoax ke publik atau medsos sebelum memperoleh keterangan pihak kampus sangatlah tidak santun, tidak etis dan melanggar UU ITE,” tambah Desayu.

Selama ini Unikom pun telah berupaya melakukan yang terbaik untuk mahasiswa dan semaksimal mungkin menerapkan budaya Kerja Unikom yaitu PIQIE (Professionalism, Integrity, Quality, IT, Excellence). Sehingga Unikom berhasil meraih berbagai prestasi dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Nasional dan Internasional.

Beberapa prestasi dunia seperti Juara Dunia ICT 2019 di Kazan Rusia, 9 Tahun Juara Dunia Kontes Robot di USA,Pemeringkat Ranking Dunia, 4ICU menempatkan UNIKOM sebagai 50 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia 2020 & Kemenristekdikti/ Kemendikbud menempatkan UNIKOM sebagai 100 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia 2019 & 2020 dari sekitar 4700 PT di Indonesia. (Tan)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

11 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

12 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

13 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

14 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

15 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

16 jam ago