PASPENDIDIKAN

STPB Gelar Bedah Buku Wisata Gua dan Perencanaan Pariwisata

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMUnit Perpustakaan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) menggelar kegiatan bedah buku Wisata Gua dan Perencaan Pariwisata, dosen STPB,  Dr. Hery Sigit Cahyadi pada Rabu, (21/10/2020) lalu via Zoom meeting.

Acara ini pun dihadiri lebih dari 300   peserta. Di mana120 orang pertama yang hadir mendapatkan buku yang dibedah secara gratis untuk kemudian dikirim melalui pos.

Adapun bedah buku ini menjadi menarik karena selain dipresentasikan oleh penulisnya langsung juga ditinjau oleh para reviewer yang ahli di bidangnya yaitu, Plt. Kepala Bidang Zoologi, Pusat Penelitian Biologi, LIPI, Dr. Cahyo Rahmadi, dan dipandu oleh moderator yang ahli di bidang  Pariwisata sekaligus Dosen STPB, Eka Paramita Marsongko, M.Sc.

Penulis buku sekaligus dosen STPB, Dr. Hery Sigit Cahyadi menyampaikan bahwa dua Buku setebal masing-masing 300 halaman ini membahas secara mendalam  mengenai keunikan gua yang bisa dijadikan destinasi wisata dengan detil konsep kepariwisataan. Di mana memberikan pedoman bagaimana mengembangkan dan mengoperasionalkan daya tarik wisata gua.

“Sementara itu, buku perencanaan pariwisata membahas secara mendalam pengelolaan pariwisata dari konsep hingga menjadi kegiatan pariwisata yang memberikan panduan tepat bagi pelaku pariwisata dalam melakukan perencaan pariwisata di tempat mereka,” jelasnya.

Hery mengulas bahwa buku yang dibuatnya juga didasarkan pada pengalaman pribadi sebagai penggiat sekaligus melihat langsung apa kekurangan-kekurangan yang ada dalam wisata gua, semisal perencanaan maupun teknisnya.

“Berbicara pariwisata tentu banyak sekali yang bisa dieksplorasi seperti bahari dan lain-lain. Saya menulis tentang gua karena kebetulan literatur tentang gua yang berbahasa indonesia masih jarang. Di samping itu para pelaku wisata gua sering mendapatkan pelatihan yang sifatnya teknikal namun pengetahuan dan rujukannya masih kurang,” lanjutnya.

Buku Perencanaan Pariwisata dan Wisata Gua terang Hery juga saling berkaitan karena lewat perencanaan Pariwisata akan dibahas terlebih dahulu mulai dari  identifikasi, perencanaan, pengelolaan dan memaksimalkan potensi wisata dalam hal ini gua yang memiliki potensi, baik sebagai ilmiah atau pendidikan, petualangan, sejarah dan pelestarian lingkungan.

“Gua di Indonesia cukup banyak dan punya potensi luar biasa, yang menjadi masalah tidak ada batasan dalam penggunaanya sehingga membutuhkan edukasi agar  pemanfaatkan gua bisa lebih baik lagi ke depannya,” tandasnya.

Adapun bedah buku menjadi kegiatan rutin Unit Perpustakaan STPB yang diminati oleh para civitas academika dan terbuka pula untuk para peneliti, praktisi dan masyarakat umum karena diselenggarakan secara online.(Tan)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Pemkab Bandung Gelar Rapat Evaluasi Penanganan Bencana Gempa Bumi di Kertasari

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung bersama berbagai instansi terkait mengadakan rapat evaluasi dan rencana…

41 menit ago

Dadang Hermansyah Terpilih sebagai Ketua DPD PPSI Kota Bandung Periode 2024-2028

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam Konferensi Daerah (Konferda) Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Kota Bandung 2024,…

2 jam ago

Ciro Alves soal Persib Vs Persija Tanpa David da Silva

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung harus menghadapi Persija Jakarta tanpa diperkuat David da Silva. Meski…

2 jam ago

Persija Akan Hadapi Persib Tanpa Rasa Takut

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persija Jakarta sudah siap tempur menghadapi Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1…

2 jam ago

Lawan Persija Masih Absen, Kapan David da Silva Main Lagi?

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - David da Silva masih dalam tahap pemulihan cedera. Pemain asal Brasil itu…

3 jam ago

Atmosfer di Persib Jelang Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung tengah bersiap menatap laga kontra Persija Jakarta dalam lanjutan Liga…

3 jam ago