HEADLINE

KOM Unpas Bina Atlet Berprestasi dan Kader yang Terintegritas

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMTerciptanya KOM UNPAS yang mampu menghasilkan pengurus yang solid dalam berorganisasi, atlet berprestasi dan pengkaderan yang terintegritas adalah visi dari Koordinator Olahraga Mahasiswa (KOM) Universitas Pasundan (Unpas).

Ketua KOM Unpas, Devy Febriyanti H mengungkapkan bahwa Koordinator Olahraga Mahasiswa merupakan unit kegiatan Mahasiswa yang bergerak dan mewadahi minat dan bakat mahasiswa di Universitas Pasundan.

“Pada awal pendiriannya KOM UNPAS terbentuk dari beberapa unit kegiatan olahraga yang pada saat itu masih terpisah. Oleh beberapa mahasiswa yang peduli, berminat dan berbakat pada bidang olahraga maka didirikanlah pada tanggal 19 Mei 1984 satu unit kegiatan mahasiswa yang bernama Koordinator Olahraga Mahasiswa Universitas Pasundan yang disingkat (KOM),” terangnya.

(ist)

Setelah cukup lama berdiri KOM telah banyak menorehkan prestasi baik di kanca daerah maupun nasional.

“Adapun misi kami adalah memelihara dan mengembangkan persatuan dan kesatuan Mahasiswa Universitas Pasundan serta ikut aktif dalam mengembangkan kegiatan di Universitas Pasundan,” jelasnya.

Di samping itu, sambung Devy KOM Unpas juga berupaya menciptakan kader–kader Mahasiswa yang berkualitas, berwawasan, kreatif dan mandiri dalam berorganisasi khususnya di bidang Olahraga serta membina dan menampung minat serta bakat Mahasiswa di bidang Olahraga.

“Saat ini KOM Unpas mewadahi 13 Cabang Olahraga diantaranya basket, karate, volly, silat, badminton, muaythai, sepak bola, tenis meja, futsal, taekwondo, catur dan renang,” ucapnya.

Sekretariat KOM UNPAS sendiri beralamat di jalan Tamansari No. 6-8 Bandung Jawa Barat, sedangkan  agenda rutin KOM Unpas meliputi kegiatan yaitu internal dan eksternal. Kegitan internal KOM meliputi Program kerja utama di mana KOM UNPAS sebagai penyelenggara berbagai kegiatan olah raga seperti Latihan Cabang Olahraga, PKKMB, Webinar, Pekan Olahraga Mahasiswa (POM), Pelantikan Anggora Baru (PAB), Basic Organization and Training Organization (B.O.T.O), Inagurasi Angkatan Baru, Diesnatalis KOM Unpas, Unpas Karate Cup (UKC) Regional/Nasional dan Musyawarah Besar.

“Sedangkan kegiatan eksternal merupakan program kerja partisipan seperti kejuaraan-kejuaraan yang KOM UNPAS ikuti rutin minimal di tingkat nasional,” terangnya.

KOM Unpas yang memiliki 700-800 anggota ini juga selama 3 tahun terakhir berhasil meraih berbagai prestasi seperti menjadi juara umum di Kejuaraan Tarung Bebas Nasional Purbalingga dengan Meraih 8 Medali Emas dan 3 Medali Perak, Kejuaraan Paku Bumi Open IV dengan meraih 1 Medali emas, 2 Medali Perak dan 1 Medali Perunggu, Kejuaraan Paku Bumi Open V meraih 1 Medali Emas, 1 Medali Perak, 2 Medali Perunggu serta Kejuaraan Nasional Pencak Silat Kuningan Open II meraih 1 Medali Perunggu.

Di samping itu untuk kejuaraan Nasional Bandung Lautan Api Championship I meraih 2 Medali Emas, 2 Medali Perak dan 6 Medali Perunggu, Kejuaraan Karate STKIP Pasundan Cup meraih Medali Perunggu Kelas Beregu Putra, Kejuaraan Taekwondo ITN Open meraih 1 Medali Emas, 1 Medali Perak dan 2 Medali Perunggu.

(ist)

Di samping itu, dalam Kejuaraan Nasional Kick Boxing Fight meraih Juara 2 Kejuaraan Universitas Buana Perjuangan Karawang Cabang Olahraga Badminton Juara 1, Kejuaraan Banten Internasional Championship 1 meraih 2 Medali Emas, 2 Medali Perak dan 4 Medali Perunggu.

“Ke depan kami ingin mencari bibit-bibit atlet unggul yang disiapkan untuk bersaing tidak hanya regional atau nasional melainkan internasional,” urainya.

Beberapa waktu ke belakang KOM Unpas juga telah menggelar Pekan Olahraga Mahasiswa, Event Sport Campus, Unpas Futsal Cup, Unpas Karate Cup dan lainnya.

“Harapan kami ke depan semoga UKM KOM UNPAS dapat selalu menjadi wadah untuk atlet-atlet Universitas Pasundan agar selalu berprestasi dalam mengembangkan minat dan bakatnya terutama dibidang Olahraga. Mampu menjadi managemen yang baik untuk mengelola atlet-atlet yang ada di Universitas Pasundan dan dapat meningkatkan pengkaderan yang terintegritas untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas untuk menjadi pengurus KOM yang memiliki jiwa solidaritas, loyalitas dan mempunyai kualitas yang tinggi,” pungkas Devy. (Tan)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

12 menit ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

35 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

1 jam ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

2 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

3 jam ago