PASNUSANTARA

Menag Ajak Semua Umat Jangan Ragu Divaksinasi

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM ­– Menteri Agama Yaqut Cholil Choumas mengajak warga Indonesia dari agama apapun tidak ragu mengikuti program vaksinasi COVID-19.

Menurutnya, semua agama mengajarkan umatnya untuk saling melindungi sesama umat manusia. Vaksinasi pun bagian dari upaya untuk melindungi sesama manusia dari COVID-19.

“Saya mengingatkan bahwa semua agama, tanpa kecuali, mengajarkan kita untuk saling melindungi satu di antara yang lain, dan vaksinasi ini bagian dari upaya untuk menjalankan ajaran agama tersebut,” kata Yaqut di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (12/1/2021).

Khusus bagi umat muslim, ia juga menegaskan bahwa vaksin Sinovac sudah terjamin halal dan suci. Hal itu diperkuat dengan terbitnya fatwa tentang kehalalan dan kesucian vaksin Sinovac dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Yaqut mengatakan, vaksinasi sangat penting sebagai upaya mengakhiri pandemi. Meski vaksin bukan obat, tapi vaksin akan sangat berguna untuk menangkal COVID-19.

Ia pun mengingatkan, meski vaksin sudah ada dan vaksinasi segera bergulir, masyarakat jangan kendor dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal itu akan jadi bagian yang tak terpisahkan selama pandemi belum dinyatakan benar-benar berakhir.

“Bahwa sekali lagi, vaksin ini bukan obat, tapi upaya pencegahan, dan oleh karena itu harus dilakukan secara simultan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang selama ini diberlakukan,” tuturnya.

Yaqut menambahkan, didatangkannya vaksin COVID-19 adalah bentuk ikhtiar pemerintah sebagai wujud kecintaan kepada warganya. Karena itu, ia berharap masyarakat juga menyambut positif program vaksinasi.

“Untuk itu, dalam kesempatan ini, saya ingin meminta kepada seluruh umat beragama yang sesuai dengan kriteria dan syarat yang ditentukan agar untuk jangan ragu mengikuti vaksinasi COVID-19 apabila nanti gilirannya sudah tiba,” tandasnya. (ors)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

17 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

54 menit ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

1 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

2 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

3 jam ago