PASKESEHATAN

Sejuta Manfaat Daun Sambung Nyawa Dalam Kehidupan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Memiliki nama latin Gynura procumbens, Daun sambung nyawa atau juga dikenal sebagai daun dewa punya sejuta manfaat dalam kehidupan.

Tanaman herbal ini juga sudah sejak lama digunakan karena dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Seperti yang dilansir dari beautynesia.id pada Rabu (20/1/2021) Ekstrak dari daun sambung nyawa mengandung berbagai zat aktif kimiawi yang baik untuk kesehatan, diantaranya saponin, tannin, flavonoid, terpenoid, kaempferol, astragalin, dan lainnya.

Lalu, khasiat apa saja yang diberikan oleh tanaman ini?

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Gangguan pencernaan yang disebabkan oleh luka pada lambung dan usus bisa diredakan dengan mengonsumsi ekstrak daun sambung nyawa.

Tidak hanya itu, ekstrak daun sambung nyawa yang mengandung berbagai macam zat aktif kimiawi baik ini juga dapat mencegah terbentuknya tukak lambung dan melindungi lapisan dalam lambung.

2.Melawan Bakteri Penyebab Infeksi
Khasiat daun sambung nyawa selanjutnya ialah melawan bakteri penyebab infeksi, seperti bacillus cereus, pseudomonas aeruginosa, vibrio cholerae, dan salmonella typhi yang merupakan virus penyebab herpes simpleks.

Selain itu, jamur penyebab kurap, seperti candida albicans dan aspergillus niger juga bisa dilawan dengan mengonsumsi seduhan daun sambung nyawa.

ADVERTISEMENT

3. Meredakan Peradangan
Kandungan etanol, steroid, flavonoid, dan kaempferol pada ekstrak daun sambung nyawa memiliki sifat anti inflamasi dan antivirus, sehingga tanaman dengan nama latin Gynura procumbens ini dipercaya dapat meredakan peradangan, seperti rematik.

4. Mengatasi Diabetes
Beberapa laporan penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sambung nyawa juga berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah.

Selain mengatasi diabetes, daun sambung nyawa juga dapat mengatasi masalah kemandulan akibat penyakit diabetes dengan cara meningkatkan jumlah, pergerakan dan kualitas sperma serta mengurangi persentase sperma yang mati.

5. Mengatasi Hipertensi
Khasiat selanjutnya dari daun sambung nyawa ialah dapat mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi dengan cara mencegah aktivitas dari angiotensin converting enzyme (ACE), yang merupakan enzim yang mengatur tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah. Nah, jika hipertensi dapat teratasi, maka dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

6. Melawan Kanker
Daun sambung nyawa sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati kanker payudara, kanker rahim, dan kanker darah, lho.

Ekstrak dari daun sambung nyawa inilah yang nantinya mencegah pertumbuhan dan pembelahan sel kanker serta dapat membunuh sel tersebut, sehingga penyebaran kanker ke organ lain dapat dicegah. (*)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

11 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

11 jam ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

11 jam ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

12 jam ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

12 jam ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

14 jam ago