PASPENDIDIKAN

Pentingnya Pengetahuan Finansial Bagi Mahasiswa

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan BNI Syariah menggelar Talkshow Financial Planning ala Mahasiswa secara daring, pada Rabu (20/1/2021).

Lead Financial Trainer QM Financial Ligwina Hananto mengungkapkan bahwa kemampuan pengelolaan keuangan perlu juga dipahami mahasiswa. Bukan hanya untuk kepentingan saat ini tetapi juga sebagai bekal hidup di masa depan.

Untuk itu, momen sebagai mahasiswa perlu dimanfaatkan dengan baik untuk bereksperimen dan bereksplorasi dalam pengelolaan keuangan.

“Bagi mahasiswa, gunakan waktunya untuk bereksperimen dan bereksplorasi, dan punya lifeskill yang menjadi dasar untuk modal kita ke depan,” ujarnya.

Ligwina mengatakan, ketika belum banyak kebutuhan hidup, menjadi momen yang tepat untuk mempelajari berbagai hal tentang keuangan.

Mahasiswa pun dapat mengeksplorasi kegiatan entrepreneurship, investasi, dan segala sesuatu tentang keuangan lainnya.

Selain itu, mahasiswa juga dapat mempelajari berbagai hal yang menjadi life skill, seperti memasak dan mengatur menu makan sehari-hari. Keahlian lain juga perlu dipelajari yang kemungkinan kelak akan menjadi peluang bisnis.

“Mumpung mahasiswa, belajar mengatur itu. Pelajari life skill yang mudah-mudah dan praktis-praktis karena itu yang akan kita pakai untuk masa depan,” ucapnya seperti yang dilansir dari unpas.ac.id

Terkait pengelolaan keuangan di masa pandemi, Ligwina mengatakan bahwa hal yang penting adalah adaptasi.

Ia mengatakan bahwa pengelolaan keuangan digital secara pandemi perlu dilakukan. Hal ini disebabkan selama pandemi, ada banyak pengeluaran yang berhubungan dengan akses digital.

“Kalau kita tidak memahami akan terganggu,” ujar Ligwina.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Tresuri Edi jaenudin, S.E., M.Si., Ak., mengatakan bahwa masa pandemi dapat dilihat sebagai tantangan dan peluang. Untuk itu perlu sikap positif dalam menyikapinya,

“Apa yang kita dapatkan tergantung kita menyikapinya. Jika sikap dan berpikir kita negatif, maka kemungkinan akan berimbas ke hasil negatif. Tapi kalau kita bersikap optimis dan positif, Insyaallah hasilnya pun positif,” tutur Edi.

Selama pandemi, Edi mengatakan bahwa berbagai transaksi keuangan di Unpad banyak digunakan secara digital. Mahasiswa pun dapat memanfaatkan berbagai peluang dan fasilitas keuangan yang ada.(*)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

8 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

9 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

10 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

11 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

11 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

11 jam ago