PASKESEHATAN

Cantik dan Bersinar Dengan Masker Rumput Laut

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM–Rumput laut tak sekadar untuk dikonsumsi, tanaman laut ini juga bisa digunakan untuk perawatan kulit berupa masker wajah, dampaknya bisa membuat kulit wajah semakin cantik dan bersinar.

Rumput laut atau seaweed adalah spesies tumbuhan dan alga yang tumbuh di laut, sungai dan danau.

Dilansir dari Byrdie menurut Lydia Sarfati, ahli perawatan kecantikan dari New York, Amerika Serikat (AS), seaweed mengandung konsentrasi air laut yang sangat kuat. Tanaman laut ini juga mampu menyerap mineral aktif dari air laut.

“Karena proses tersebut, beberapa jenis rumput laut memiliki kandungan vitamin, mineral, asam amino, protein, dan lipid yang melimpah. Semua zat tersebut dapat memberikan manfaat bagi kulit,” terangnya.

Sementara itu, Brendan Camp, MD, dokter kulit dari Medical Dermatology and Cosmetic Surgery, di New York, AS, melakukan penelitian terhadap manfaat rumput laut untuk kulit wajah.

Dari penelitiannya, rumput laut ditemukan bermanfaat untuk mengatasi masalah di kulit. Di antaranya, rumput laut bermanfaat untuk mengatur produksi minyak, mencerahkan, melembapkan kulit kering, dan mengatasi kulit kusam.

Hal senada dikatakan oleh dr. Arina Heidyana seperti dilansir dari klikdokter pada Senin (25/1/2021). Menurutnya, rumput laut memiliki kandungan yang baik untuk kulit wajah.

“Seaweed dinilai mengandung antiperadangan, zat antioksidan tinggi, dan juga mineral yang bagus untuk kulit wajah,” jelasnya.

Di samping itu, Maker rumput laut memiliki beberapa khasiat seperti ;

1. Mengatasi Hiperpigmentasi
Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Marine Drugs mengatakan, skin care yang mengandung ekstrak rumput laut bermanfaat untuk mengurangi hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi adalah kondisi munculnya bercak hitam kecokelatan di kulit. Masalah ini dapat menyebabkan warna kulit wajah menjadi tidak merata.

2. Menyamarkan Kerutan di Wajah
Menurut studi tahun 2018 yang dilakukan di Korea Selatan, rumput laut juga bisa membantu mengurangi munculnya kerutan di kulit.

Pasalnya, ekstrak rumput laut memiliki sifat antipenuaan yang bisa menyamarkan kerutan di wajah.

3. Melembapkan Kulit
Jika Anda memiliki kulit kering, rumput laut dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi kondisi tersebut. Ekstrak rumput laut bisa menghidrasi kulit dan meningkatkan kadar kelembapan di wajah.

4. Mengatasi Peradangan
Apabila kulit Anda termasuk jenis yang sensitif dan mudah iritasi, ekstrak rumput laut dapat membantu meringankan gejala peradangan yang muncul.

Sebab, rumput laut ditemukan mengandung sifat antiinflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan di kulit.

Dokter Arina mengatakan, penggunaan masker rumput laut di wajah tergolong aman. Kendati begitu, ia menyarankan Anda untuk melakukan uji alergi terlebih dahulu sebelum mengoleskan masker rumput laut buatan sendiri.

“Setiap bahan alami yang diolah sendiri bisa saja menimbulkan alergi pada beberapa orang. Jadi, sebelum menggunakan rumput laut ke seluruh wajah, coba dulu sedikit ke kulit tangan,” kata dr. Arina

Uji tempel (patch test) dilakukan untuk mengecek apakah Anda memiliki alergi atau tidak terhadap rumput laut.

Hal ini penting dilakukan, karena kondisi kulit setiap orang berbeda-beda. Reaksi yang dihasilkan dari sebuah kandungan bahan alami pun tidak selalu sama.

Sebelum menggunakan ke wajah, tempelkan sedikit masker rumput laut ke belakang leher atau siku. (*)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

3 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

4 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

5 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

6 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

6 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

6 jam ago