PASKESEHATAN

Jangan Kebiasaan Meniup Makanan Panas, Bahaya!

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Apakah Anda salah satu orang yang hobi meniup makanan panas sebelum dikonsumsi? Jika ya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga.

Menyantap makanan hangat memang terasa lebih nikmat. Tak sedikit bahkan yang rela meniup makanan panas agar bisa segera dikonsumsi tanpa membakar lidah.

Faktanya, medis tidak menganjurkan meniup makanan panas sebelum dikonsumsi. Hal ini mesti dipatuhi, apalagi jika makanan tersebut hendak masuk ke mulut orang lain.

Dilansir dari klikdokter, Kamis (28/1/2021) ada beberapa penyebab mengapa tidak boleh meniup makanan yang masih panas sebelum dimakan, salah satunya adalah berpotensi Mengganggu Kesehatan.

Menurut dr. Adeline Jaclyn, meniup makanan panas dapat mentransfer mikroorganisme berbahaya.

“Terdapat studi yang meneliti jumlah mikroorganisme pada makanan panas yang ditiup dan tidak ditiup. Didapatkan hasil perbedaan yang signifikan antara keduanya, yaitu lebih banyak mikroorganisme pada (makanan) yang ditiup,” ungkap dr. Adeline.

Senada dengan itu, dr. Dyah Novita Anggraini juga mengatakan bahwa meniup makanan panas dapat menyebabkan kontaminasi mikroorganisme penyebab penyakit.

“Tidak boleh meniup makanan panas. Itu lebih kepada kuman yang ada di mulut atau bakteri di dalam mulut bisa berpindah ke dalam makanan,” ungkap dr. Dyah Novita.

Di samping itu, meniup makanan panas sebelum dimakan juga dapat mengganggu Keseimbangan Asam dalam Tubuh.

Di mana, saat meniup makanan, tubuh akan melepaskan karbon dioksida (CO2) dan karbon monoksida (CO).

Karbon dioksida yang dilepaskan bereaksi dengan partikel air (H2O) di dalam makanan dan menghasilkan pembentukan asam karbonat (H2CO3).

Karbon monoksida itu sendiri saja sudah beracun. Jadi, jika mengonsumsi makanan setelah meniupnya, tubuh Anda akan kemasukan lebih banyak asam karbonat dan karbon monoksida.

Hal tersebut berisiko mengganggu keseimbangan asam atau alkali tubuh, yang mengakibatkan ketidakseimbangan metabolisme. (*)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Rossa Pukau Penggemar dengan Lagu Kartun di Synchronize Fest 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penyanyi senior Rossa kembali memukau para penggemarnya di panggung Dynamic, Synchronize Fest…

46 menit ago

TPPAS Sarimukti Hampir Penuh: Jabar Ambil Langkah Pengurangan Sampah

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) bersama pemerintah daerah kabupaten/kota di kawasan Bandung…

2 jam ago

Outing Class: Siswa SD Priangan Istiqamah Kenali Pertanian di Seinfarm

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Sebanyak 51 siswa-siswi dari SD Priangan Istiqamah, Kelurahan Cihapit, Bandung Wetan, mengikuti…

3 jam ago

Ledakang Sampah di Cekungan Bandung, Enam Bulan Lagi Jadi Bencana

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sekda Jabar Herman Suryatman, menegaskan, saat ini terjadi ledakan sampah di Cekungan…

13 jam ago

Cawalkot Dandan Minta Pemkot Selesaikan Masalah SMPN 60 Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Calon Walikota (Cawalkot) Bandung, Dandan Riza Wardana minta Pemerintah Kota Bandung untuk…

15 jam ago

Gelar PT PAL Goes to Campus Bangkitkan Jiwa Maritim Generasi Muda

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Potensi maritim Indonesia yang sangat besar membutuhkan kontribusi ddari berbagai pihak, bukan…

15 jam ago