PASKESEHATAN

Penopang Tubuh, Kenali dan Jaga Lutut Kita

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM–
Lutut merupakan salah satu bagian paling penting untuk menopang tubuh dan berat badan. Bisa dibayangkan betapa sulitnya seseorang untuk beraktivitas bila lututnya mengalami cedera atau gangguan.

Melansir laman Physiopedia, lutut merupakan salah satu bagian sendi terbesar dan paling kompleks di dalam tubuh. Lutut dibangun oleh empat tulang, jaringan ligamen, dan otot.

Pada lutut, tulang paha (femur), tulang kering (tibia), dan tempurung lutut (patella) tersambung melalui sendi tibiofemoral dan patellofemoral.

Ketiga tulang ini dilapisi tulang rawan artikular, yaitu zat yang sangat keras dan halus untuk mengurangi gesekan. Patella terletak pada lekukan tulang paha yang dikenal sebagai lekuk intercondylar.

Secara umum, struktur pada lutut bisa dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu struktur stabilitas, struktur penumpu beban, dan struktur penunjang lain.

Pada struktur stabilitas, lutut bisa bergerak secara bebas dan stabil tanpa bergeser ke kiri atau kanan. Hal ini disebabkan oleh adanya ligamen yang menjadi komponen stabilitas utama.

Adapun empat macam komponen stabilitas utama yaitu anterior cruciate ligament, posterior cruciate ligament, lateral collateral ligament, dan medial collateral ligament.

Lalu, pada struktur penumpu beban, lutut bisa menahan gesekan ketika seseorang bergerak dan menumpu beban yang minimal.

Kemampuan ini dihasilkan berkat tulang sendi lutut yang telah dilindungi atau dilapisi tulang rawan dengan permukaan halus dan licin.

Nantinya, tulang rawan inilah yang akan menjadi komponen utama saat ada beban yang ditangani tubuh. Tak heran bila ketika tulang rawan retak atau mengalami gangguan, timbul rasa nyeri hebat pada bagian lutut dan kaki.

Dokter Sepriani Timurtini Limbong menjelaskan bahwa secara umum fungsi lutut adalah menunjang pergerakan tungkai dan menopang berat badan.

“Tapi Lutut juga memiliki fungsi untuk membuat pergerakan khususnya ketika seseorang berjalan, melompat, berlari, dan sebagainya,” terangnya dikutip dati klikdokter pada Minggu (31/1/2021).

“Lutut akan membuat pergerakan jadi lebih halus dan stabil. Karena, terdapat ligamen dan jaringan lainnya yang membantu lutut berfungsi dengan normal,” jelas dr. Sepriani.

Selain itu, beberapa fungsi lainnya dari lutut yang mungkin belum Anda ketahui yaitu membantu saat berdiri, jongkok, dan memanjat, meningkatkan kekuatan untuk mendorong tubuh saat bergerak, memastikan tubuh mendarat dengan aman tanpa cedera saat melompat, membuat tubuh bergerak secara efisien tanpa gangguan saat berjalan atau berlari, dan memberikan dukungan bagi anggota tubuh bagian bawah (lower limb support) saat berdiri.

Lutut menjadi salah satu bagian yang paling mudah mengalami cedera dan nyeri kronis, terutama untuk para atlet. Anggota tubuh ini memang cenderung rentan terkena cedera akut yang berhubungan dengan olahraga.

Menurut dr. Sepriani, cedera lutut memang jadi salah satu kondisi kesehatan yang sering dialami lutut. Hal tersebut bisa terjadi baik saat berolahraga, terkena benturan, ataupun terjatuh.

Selain cedera, ada lagi masalah-masalah kesehatan yang juga rentan dialami lutut, seperti Arthritis atau radang sendi, pengapuran dan infeksi. (*)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Pemain Persib Ini Langsung Gabung Dengan Timnas ke Bahrain

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pemain Persib Dimas Drajad, langsung gabung dengan Timnas ke Bahrain, setelah kepulangan…

2 jam ago

Peringatan HUT TNI Jabar Dipusatkan di Makodam III Siliwangi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peringtan HUT TNI Jawa Barat dipusatkan di Makodam III Siliwangi, Sabtu (5/10/2024).…

3 jam ago

Kampus Merdeka, Prodi Bahasa Indonesia Unpas Kerjasama dengan PT PKM

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Raih program Kompetensi Kampus Merdeka Kemenristekdikti, Prodi Bahasa Indonesia FKIP Universitas Pasundan…

5 jam ago

Ricuh Laga Persib vs Persija, PSSI Jatuhkan Sanksi Denda Rp295 Juta untuk Panitia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menjatuhkan sanksi denda sebesar Rp295 juta…

6 jam ago

Film Conjurig Siap Sapa Penonton Tanah Air 2025 Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Aktor Dito Darmawan sebagai pemeran utama bakal beradu akting dengan penyanyi Maizura…

7 jam ago

Teknik Mesin Unpas Raih Dua Penghargaan Kejuaraan Nasional Rancang Bangun Mesin

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Tim Teknik Mesin Universitas Pasundan (Unpas) meraih dua penghargaan dalam ajang Lomba…

8 jam ago