PASNUSANTARA

Sigap dan Tanggap Darurat, Kapal Pertamina Selamatkan Dua Kapal

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Selalu sigap dan tanggap masalah darurat, baru-baru ini PT Pertamina (Persero) melalui subholdingnya PT Pertamina International Shipping (PIS) membantu kapal lain yang sedang mengalami kesulitan di tengah perairan.

Adapun kapal yang diselamatkan sebanyak dua kapal milik Indonesia di perairan Indonesia.

Kejadian berawal pada hari Senin, 8 Februari 2021 lalu, kapal MT.Menggala dengan tugas utama mengangkut bahan bakar minyak premium dan solar yang dioperasikan oleh PIS, tiba-tiba menerima panggilan darurat dari kapal nelayan Rejeki Maju yang menginfokan adanya kebocoran pada kamar mesin yang mengakibatkan mesin induk terendam.

Kebocoran ini menyebabkan kapal tidak dapat bergerak dan dapat membuat kapal KMN.Rejeki Maju tenggelam.

“Setelah menerima panggilan dari KMN.Rejeki Maju, kapal terdekat kami yaitu MT.Menggala dengan Nakhoda Capt. Heri Ardiyanto langsung bermanuver untuk melakukan pertolongan pertama yaitu dengan mengikatkan kapal KMN.Rejeki Maju dengan kapal kami. Tidak lama berselang, kami mendapat kabar jika kebocoran sudah teratasi sehingga KMN.Rejeki Maju dapat kembali menjalankan perjalanan menuju pelabuhan Tual,” ujar salah satu perwira dari Pertamina International Shipping.

Hanya berselang satu hari saja dari kejadian kebocoran pada KMN.Rejeki Maju, kapal yang dioperasikan oleh PIS, MT.Gamalama dengan tugas pengangkutan crude oil, kembali berhasil melakukan aksi penyelamatan pada kapal MT.Emeryn di Laut China Selatan pada 9 Februari 2021 lalu.

Saat hendak berlayar menuju Dumai, MT.Gamalama dengan di Nakhodai Captain Thomas Christian mendengar sinyal panggilan Emergency via komunikasi Radio dari MT.Emeryn, di mana kapal tersebut ternyata tengah mengalami kerusakan di kamar mesin yang mengakibatkan blackout.

Mengetahui hal tersebut, MT.Gamalama melakukan komunikasi dengan pihak PIS, Petugas Programmer Crude Oil untuk meminta ijin membantu jalur komunikasi kepada Owner kapal MT.Emeryn terkait posisi kapal tersebut dan kondisi keadaan di kapal sambil menunggu bantuan Tug Boat yang dikirim oleh Owner kapal MT.Emeryn untuk membantu assist kapal tersebut.

“Fokus dan komitmen Pertamina International Shipping adalah menjadi mitra maritim yang terpercaya serta dapat diandalkan, terutama oleh masyarakat Indonesia,” terangnya seperti dalam rilis yang diterima pasjabar, Selasa (16/2/2021).

Selain itu, sebagai Perwira Pertamina petugas di lapangan juga berusaha untuk senantiasa menjunjung tinggi etika kelautan. Salah satunya adalah dengan selalu sigap dan tanggap untuk membantu kapal lain yang sedang mengalami kesulitan. (*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

4 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

5 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

6 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

7 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

8 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

9 jam ago