HEADLINE

FMPP Jabar : Sekolah Yang Tahan Kartu UTS Itu Memalukan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Jawa Barat Illa Setiawati menyampaikan bahwa penahanan kartu Ujian Tengah Semester (UTS) oleh sekolah adalah hal yang Memalukan.

“Bikin malu saja, tidak ada satu sekolahpun yang boleh merampas atau menahan hak siswa, UTS kan hak siswa, setiap siswa berhak mengikuti UTS baik yang sudah membayar ataupun belum, karena tidak ada kaitannya urusan UTS dengan SPP apa lagi di masa covid seperti ini,” terangnya kepada pasjabar, Senin (1/3/2021) saat dimintai tanggapan terkait penahanan Kartu UTS oleh beberapa sekolah.

Menurut Illa, Jangankan di masa pandemi covid 19, saat tidak covid pun, tidak boleh ada satu sekolahpun yang di perbolehkan melakukan penahanan kartu UTS dengan alasan apapun apa lagi dengan alasan SPP.

“Jangan sampai ada penahanan kartu UTS, ini itu dunia pendidikan bukan dunia bisnis,” ulasnya.

Hal ini sambung Illa ada dalam PP 48 tahun 2008 pasal 52 di mana tertulis bahwa satuan pendidikan tidak boleh mengaitkan urusan administrasi dengan akademis siswa.

“Biasanya kami langsung mendampingi siswa tersebut untuk mendapatkan haknya, sekolah seperti itu harus dilaporkan karena mereka tidak berhak melakukan penahanan yang menyangkut dengan hak siswa,” ucapnya.

Illa berharap bahwa ke depan jika memang masih ada sekolah-sekolah yang masih melakukan proses penahanan kartu ujian atau hal lainnya yang menyangkut hak siswa dengan dalih administrasi sebaiknya disdik dapat menindak tegas sekolah tersebut, jika perlu memberhentikan seluruh bantuanya agar ada efek jera untuk sekolah lainnya.

“Ke depan FMPP akan terus berkomitmen untuk terus mendamping dan mengawal seluruh siswa/i yang tidak mendapatkan haknya apalagi siswa miskin,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Pemkot Bandung akan Tanam 3.000 Pohon untuk Lahan Kritis KBU

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung terus berupaya untuk menghijaukan lahan kritis di Kawasan Bandung…

37 menit ago

ISBI Bandung Gelar Lokakarya Cerita Rakyat Nusantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Institut Seni Budaya Indonesia atau ISBI Bandung menggelar lokakarya bertajuk "Storytelling Cerita…

2 jam ago

Peserta Raker Paguyuban Pasundan Kunjungi RS Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peserta Rapat Kerja (Raker) Paguyuban Pasundan megunjungi Rumah Sakit (RS) Pasundan di…

2 jam ago

Rakernas 2024, Paguyuban Pasundan DKI Jakarta Soroti Tantangan Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jakarta turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas)…

4 jam ago

Paguyuban Pasundan Wilayah Papua Ikuti Rakernas 2024, Dapat Motivasi Jaga Nilai Kesundaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Provinsi Papua untuk pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja…

5 jam ago

Dedi Mulyadi Sampaikan Pembekalan Strategi Budaya Membangun Bangsa di Raker Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sekaligus Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyampaikan…

5 jam ago