PASKESEHATAN

Ini Tanda-tanda Terserang Virus B117

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Pada awal Januari 2021, ilmuwan dari Inggris melaporkan bahwa varian B117 cukup berbahaya, di mana Mutasi B117 diduga lebih cepat menular dibandingkan dengan virus corona awal.

Beberapa negara yang juga telah menemukan kasus varian B117 adalah Afrika Selatan, Korea Selatan, India, Malaysia, dan Singapura.

Dilansir dari Klikdokter dan berbagai sumber lainnya selain demam, batuk, serta hilangnya indra penciuman dan perasa, ada beberapa gejala lain yang dapat timbul akibat varian virus corona B117, diantaranya yakni :

1. Sakit Kepala
Dalam beberapa kasus, virus corona dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala.

Para peneliti juga masih mencari tahu apakah sakit kepala yang dialami pasien merupakan penyebab dari COVID-19 itu sendiri atau karena ada faktor kesehatan lain.

2. Kelelahan
Gejala lain yang ditemukan akibat infeksi varian virus corona baru adalah kelelahan. Kondisi kelelahan dapat dirasakan sebagai dampak dari zat sitokin.

Sitokin yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh akan bereaksi melawan infeksi virus dan menyebabkan kelelahan.

3. Nyeri Otot
Nyeri otot yang tidak biasa diduga dapat terjadi ketika terinfeksi gejala virus corona varian baru. Nyeri otot disebabkan karena virus menyerang serat otot dan lapisan jaringan tubuh.

4. Gejala Lainnya
Belakangan ini, beberapa peneliti menemukan laporan gejala COVID-19 baru. Gejala tersebut di antaranya berupa diare, ruam kulit, kehilangan nafsu makan, dan kebingungan.

Kendati begitu, peneliti masih memerlukan penelitian lebih lanjut soal gejala baru yang timbul akibat varian virus corona B117.

Dikutip dari Lehigh Valley Health Network, berikut adalah fakta yang harus Anda ketahui tentang mutasi virus corona varian B117.

1. Lebih Menular
Mutasi virus B117 ditemukan 50-70 persen lebih menular daripada strain awal. Sebab, varian B117 menyertakan mutasi genetik di dalam protein “spike” virus. Dampaknya, strain virus baru ini lebih cepat dan mudah menular di antara manusia.

2. Risiko Komplikasi Tetap Sama
Dokter Timothy Friel dari Departemen Kedokteran Pennsylvania di Amerika Serikat menyatakan bahwa mutasi B117 menimbulkan komplikasi yang sama dengan virus corona orisinal.

Senada dengan pendapat dr. Astrid Wulan Kusumoastuti. Ia mengatakan, menurut penelitian yang diterbitkan oleh CDC, tidak ada perbedaan gejala dari varian B117 dengan virus corona awal.

3. Vaksin Tetap Bekerja Dengan Baik Pada Varian B117
Vaksin COVID-19 yang sudah diberi izin EUA (Emergency Use Authorization) tetap dinyatakan efektif untuk memberikan perlindungan terhadap mutasi virus corona B117.

“Belum ada bukti yang menunjukkan dampak berarti dari varian B117 terhadap efikasi vaksin,” kata dr. Astrid. (*)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

11 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

11 jam ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

11 jam ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

12 jam ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

12 jam ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

14 jam ago