PASNUSANTARA

Gempa di Perairan Sumbawa Barat, PVMBG Minta Masyarakat Tenang

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi – KESDM mengimbau masyarakat untuk tetap tenang pasca gempa di perairan selatan Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Kamis (15/4/2021).

“Masyarakat diminta mengikuti arahan dan informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat, dan tidak terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami,” terang Kepala PVMBG Badan Geologi, Andiani dalam siaran persnya kepada PASJABAR, Jum’at.

Andiani juga meminta masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan yang kekuatannya semakin mengecil.

Adapun berdasarkan analisis geologi kejadian gempa bumi di perairan selatan Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, diketahui bahwa kejadian gempa bumi terjadi pada hari Kamis, (15/4/2021) pukul 17:36:22 WIB.

Dari informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lokasi pusat gempa bumi terletak di Samudera Hindia pada koordinat 10,69°LS dan 116,94°BT dengan magnitudo (M5,4) pada kedalaman 44 km dan berjarak sekitar 216 km Selatan Taliwang (Ibukota Kabupaten Sumbawa Barat), Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Menurut data dari The United States Geological Survey (USGS) Amerika Serikat, lokasi pusat gempa bumi terletak di laut pada koordinat 117,047° BT dan 10,593°LS dengan magnitudo (M5,4) pada kedalaman 10 km.

Sementara itu, berdasarkan informasi GeoForschungsZentrum (GFZ) lokasi pusat gempa bumi terletak di laut pada koordinat 116,99° BT dan 10,50° LS, dengan magnitudo (M5,4) pada kedalaman 10 km.

Adapun lokasi pusat gempa bumi terletak dekat dengan bagian selatan Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Daerah tersebut pada umumnya tersusun oleh morfologi perbukitan, lembah dan dataran terutama pada daerah dekat sungai dan pantai. Batuannya adalah berumur Tersier (terdiri-dari batuan sedimen, batugamping dan batuan rombakan gunungapi) dan endapan Kuarter (berupa endapan aluvial pantai, sungai dan batuan rombakan gunungapi muda),” terang Andiani.

Sebagian batuan berumur Tersier tersebut telah mengalami pelapukan. Endapan Kuarter dan batuan Tersier yang telah mengalami pelapukan tersebut bersifat lepas, urai, lunak, belum kompak (unconsolidated) dan memperkuat efek guncangan, sehingga rawan gempa bumi.

Berdasarkan lokasi dan kedalaman pusat gempa bumi, kejadian gempa bumi ini diperkirakan berasosiasi dengan aktivitas penunjaman Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia di perairan selatan Pulau Sumbawa. Sumber gempa bumi tersebut pada umumnya memperlihatkan mekanisme sesar naik.

Hingga berita ini dibuat belum ada informasi korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat kejadian gempa bumi ini. Menurut data BMKG guncangan gempa bumi dirasakan di daerah Mataram dan Sumbawa pada skala intensitas III MMI (Modified Mercally Intensity) dan di daerah Denpasar dengan skala intensitas II MMI.

“Kejadian gempa bumi ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami meskipun lokasi pusat gempa bumi terletak di laut, karena energinya tidak cukup untuk menyebabkan terjadinya tsunami,” terang Andiani. (*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

46 menit ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

2 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

3 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

4 jam ago

Diserbu Bobotoh Henhen Tutup Kolom Komentar Instagramnya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Buntut insiden intimidasi yang diduga dilakukan beberapa beberapa pemain Persib kepada bobotoh,…

4 jam ago

5.000 Umat Muslim Bandung Gelar Aksi Bela Palestina

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Lebih dari 5.000 umat Muslim di Kota Bandung menggelar aksi unjuk rasa…

5 jam ago