PASNUSANTARA

Kebangkitan Parekraf Jadi Penggerak Ekonomi Daerah

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM– Kebangkitan parekraf bisa menjadi penggerak ekonomi daerah. Hal ini terus diupayakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Yang terus memperkuat kolaborasi dengan pemerintah daerah dalam upaya membangkitkan dan memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi COVID-19.

Salah satunya dengan kembali menggelar rapat Kolabor-Aksi Regional I yang mengundang bupati/wali kota dari sembilan Kabupaten/Kota, Rabu (19/5/2021) siang di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kantor Kemenparekraf/Baparekraf, Jakarta.

Kesembilan kepala daerah itu yakni Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus; Wali Kota Tarakan Khairul; Wakil Bupati Sukabumi Iyos Sumantri; Bupati Subang Ruhimat; Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika; Bupati Blora Arief Rohman, Wali Kota Bandung Oded M. Danial; Bupati Aceh Selatan Tgk Amran; serta Wali Kota Dumai Paisal.

“Rapat koordinasi ini kami gelar tidak hanya untuk mendengar potensi yang ada di masing-masing kabupaten/kota, tapi juga potensi kolaborasi yang dapat kita langsung eksekusi ke depan,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Menurutnya, kepala daerah harus dapat memetakan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah masing-masing. Pengembangannya pun harus dilakukan dengan baik, memperhatikan diversifikasi dengan kabupaten/kota sekitar.

Termasuk dalam penyelenggaraan event yang juga akan menjadi daya tarik wisata. Sehingga diharapkan pariwisata dan ekonomi kreatif benar-benar dapat menjadi penggerak ekonomi daerah, dan mampu membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kemenparekraf akan memberikan pendampingan. Tidak hanya dalam melaksanakan event, tapi juga dalam menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” kata Sandiaga dalam rilis yang diterima PASJABAR, Kamis.

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Rizki Handayani; Plt. Deputi Bidang Destinasi dan Infrastruktur Frans Teguh, serta Direktur Pemasaran Pariwisata Regional II Agustini Rahayu yang mewakili Deputi Bidang Pemasaran, Nia Niscaya.

Dalam pertemuan tersebut tiap kepala daerah memaparkan berbagai potensi wisata dan program unggulan dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah masing-masing. Mulai dari segi atraksi wisata yang dihadirkan, amenitas, serta aksesibilitasnya. Tiap kepala daerah berharap Menparekraf dapat memberikan dukungan terhadap program yang akan mereka jalani.

Bupati Subang, Ruhimat, berharap melalui kegiatan ini akan terjadi sinergitas antara pusat dan daerah dalam rangka membangun bersama berbagai potensi kepariwisataan dan ekonomi kreatif khususnya di Kabupaten Subang.

“Kami berharap pula agar Kabupaten Subang dapat menjadi destinasi wisata favorit baik lokal maupun internasional terlebih karena Subang termasuk dalam segitiga rebana (Cirebon, Patimban, Kertajati),” kata Ruhimat. (*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Memahami Naturalisasi Pemain Timnas Sepakbola Indonesia

Oleh: Pengamat Komunikasi Politik Unpas, Dr. H. Deden Ramdan, M.Si BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Timnas mendapatkan…

41 menit ago

Phil Handy Bakal Latih Tim Nasional Basket Indonesia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM --   Phil Handy bakal latih tim nasional Basket Indonesia. Phil Handy yang…

7 jam ago

Kang Arfi-Teh Yena Sudah Susun Banyak Program Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar…

9 jam ago

ITB Minta Mahasiswa Penerima Beasiswa Kerja Paruh Waktu

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Penerima beasiswa kerja , sepertinya mahasiswa penerima beasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB)…

10 jam ago

Lima Pjs Bupati Baru Dilarang Buat Program Baru oleh Gubernur Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Lima Pjs Bupati dilarang membuat program baru oleh Pj Gubernur Jabar Bey…

11 jam ago

Polda Jabar Usut Insiden Pengeroyokan Steward oleh Suporter Usai Laga Persib vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Polda Jawa Barat mengonfirmasi adanya insiden penganiayaan yang diduga dilakukan oleh sejumlah…

11 jam ago