HEADLINE

Mau Masuk Sekolah, Ini Juknis PPDB SMA/SMK di Jabar 2021

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMRibuan orang tua di Jawa Barat saat ini sedang mencari berbagai informasi prihal Penerimaan Perserta Didik Baru (PPDB). Hal tersebut wajar lantaran bulan Juni ini menjadi bulan tahun ajaran baru untuk semua tingkatan sekolah, bedanya dua tahun ini tahun ajaran baru masih dalam masa pandemic COVID-19.

Untuk mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan orang tua untuk putra-putrinya dalam memasuki jenjang pendidikan lanjutan khususnya untuk SMA/SMK, perlu disimak juknis PPDB Jawa Barat 2021 dibawah ini :

Juknis PPDB SMA/SMK/SLB Provinsi Jawa Barat 2021

http://file:///C:/Users/USER/Downloads/JUKNIS%20PPDB%20JABAR.pdf

Sementara itu beberapa persyaran yang harus dipersiapan orang tua seperti terdapat dalam juknis PPDB SMA/SMK/SLB 2021 antara lain, ijazah, akta kelahiran, KK (minimal 1 tahun), KTP, buku rapor dan keterangan ranking lima semester, serta surat tanggung jawab mulak dari orang tua siswa.

Untuk Kuota dalam juknis tidak tredapat perbedaan dari tahun lalu yakni kuota SMA untuk jalur zonasi 50 persen, afirmasi minimal 20 persen terbagi kedalam afirmasi KETM dan disabilitas 15 persen, perindahan tugas orang tua/wali/ anak guru maks 5 persen. Sedangkan jalur prestasi 25 persen dibagi kedalam prestasi nilai raport dan kejuaraan akdemik dan non akademik.

Untuk SMK, jalur afirmasi diberikan untuk 20 persen terbagi kedalam KETM dan disabilitas, untuk jalur prioritas terdekat diberikan maksimal 10 persen, jalur perpindahan tugas orang tua dan anak guru 5 persen, prestasi 65 persen dari  nilai rapor 60 persen yang dibagi kedalam unggukan persiapan KLS industri 35 persen dan umum 25 persen , serta untuk jalur kejuaraan lima persen.

Untuk pendaftaran SMA/SMK tahap 1 jalur afirmasi, jalur perindahan tugas dan jalur prestasi akan dimulai pada tanggal 7-11 Juni 2021. Untuk Jalur Zonasi dibuka tanggal 24-30 Juni 2021. Dalam juknis juga ditulis jika tidak lolos tahap 1 siswa bisa mendaftar ke tahap 2 atau jalur zonasi.

Untuk sekolah SMA/SMK/SLB memilih 3 pilihan, yaikni dua sekolah negeri satu sekolah wasta, sedangkan untuk jalur afirmasi atau perpindahan guru hanya diberikan dua kesempatan yakni satu sekolah negeri dan satu sekolahs wasta.

Jika orang tua ingin mengetahui informasi lebih lanjut maka bisa membuka  Informasi Resmi PPDB 2020 SMA SMK SLB, melalui website resmi Disdik Jabar

http://disdik.jabarprov.go.id

https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id

http://dapodik.disdik.jabarprov.go.id/elok  (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Phil Handy Bakal Latih Tim Nasional Basket Indonesia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM --   Phil Handy bakal latih tim nasional Basket Indonesia. Phil Handy yang…

1 jam ago

Kang Arfi-Teh Yena Sudah Susun Banyak Program Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar…

3 jam ago

ITB Minta Mahasiswa Penerima Beasiswa Kerja Paruh Waktu

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Penerima beasiswa kerja , sepertinya mahasiswa penerima beasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB)…

3 jam ago

Lima Pjs Bupati Baru Dilarang Buat Program Baru oleh Gubernur Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Lima Pjs Bupati dilarang membuat program baru oleh Pj Gubernur Jabar Bey…

5 jam ago

Polda Jabar Usut Insiden Pengeroyokan Steward oleh Suporter Usai Laga Persib vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Polda Jawa Barat mengonfirmasi adanya insiden penganiayaan yang diduga dilakukan oleh sejumlah…

5 jam ago

Kualifikasi Piala Asia U-20, Timnas Indonesia Siap Tempur di Grup F

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pelatih timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri, optimistis bahwa timnya mampu meraih kemenangan…

6 jam ago