PASOLAHRAGA

Liga 1 Hadirkan Degradasi, Ini Kata Robert Alberts

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMLiga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022 sudah diputuskan PSSI bakal menerapkan sistem promosi dan degradasi. Sehingga, wacana meniadakan degradasi pun sudah berakhir.

Pelatih Persib Bandung Robert Alberts menyambut baik keputusan tersebut. Meski begitu, ia memandang keputusan itu sebagai hal biasa karena sudah seharusnya diambil PSSI.

“Itu hal normal. Kalau liga tidak ada dua hal itu (promosi dan degradasi), barulah menjadi berita,” kata Robert, Kamis (27/5/2021) lalu.

Menurutnya, promosi dan degradasi sudah jadi satu keharusan dalam kompetisi. Selain merupakan aturan, promosi dan degradasi membuat kompetisi menjadi menarik.

Sebab, semua tim bakal tampil habis-habisan. Tim papan atas akan berjuang untuk juara. Sedangkan tim papah tengah dan bawah akan termotivasi agar tidak terdegradasi.

Sehingga, wacana penghilangan degradasi harusnya tidak pernah dibahas. Sebab, kompetisi memang harusnya memakai sistem tersebut. Penghilangan degradasi justru akan membuat kompetisi jadi hal yNg tidak serius.

“Promosi dan degradasi tidak untuk didiskusikan karena itu sudah menjadi semangat dari olahraga ini. Karena (dengan adanya degradasi) semua orang menunjukkan yang terbaik agar tidak terdegradasi,” jelasnya.

“Ketika itu berubah, semua orang akan kecewa dan tidak ada yang menganggapnya (kompetisi) sebagai hal serius,” tutur Robert.

Meski lega, ia berharap diberlakukannya promosi dan degradasi ini tidak mengalami perubahan, apalagi karena ada dorongan dari pihak tertentu. Ia berharap PSSI konsisten dengan keputusan yang diambilnya.

“Kita tidak bisa mengubah beberapa hal hanya karena segelintir orang menginginkannya berubah. Harus tetap profesional untuk bisa berkembang dengan rencana kongkret, karena kalau selalu berubah rencana itu tidak akan berjalan lurus,” tandas Robert. (ors)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

11 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

12 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

13 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

14 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

14 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

14 jam ago