HEADLINE

UKM Karate STKIP Pasundan Tanamkan Mental Tangguh dan Ksatria

ADVERTISEMENT

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM– UKM Karate STKIP Pasundan Cimahi membina anggotanya untuk memiliki mental yang tangguh dan juga berjiwa ksatria.

Hal ini disampaikan Ketua UKM Karate Periode 2021-2022 sekaligus mahasiswa STKIP Pasundan Fakultas Bahasa dan Seni Jurusan Pendidikan Bahasa    Inggris Semester VI, Reza Fatwa Pratama.

Reza bercerita bahwa pada awal mula terbentuknya UKM Karate karena adanya kerisauan dan keresahan dari para senior sebelumnya yang dimana tidak adanya wadah untuk berkreasi. Berbagi ilmu dan menambah prestasi pada bidang Karate di lingkup kampus STKIP Pasundan.

Di samping itu, adanya berbagai perguruan Karate di seluruh Indonesia dan terdapat banyak perguruan Karate di kampus STKIP Pasundan. Sehingga para senior sebelumnya mencetuskan UKM Karate STKIP yang berbendera FORKI. Yang dimana terdapat berbagai perguruan dan tidak menamakan salah satu perguruan Karate.

Pada akhirnya UKM Karate didirikan dan di sahkan pada hari Selasa, 13 November 2012, pukul 08.45 WIB yang bertempat di lingkungan STKIP Pasundan.

“Kami memiliki visi untuk mewujudkan UKM Karate yang memiliki nilai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, membentuk karateka yang aktif, tangguh dan berjiwa bushido (ksatria) dalam rangka mewujudkan insan yang berkepribadian luhur, professional, berbudi pekerti dan jujur, memiliki daya juang tinggi dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika dengan mencerminkan kerjasama dalam organisasi yang berlandaskan pada Pancasila, Undang-Undang 1945 dan Sumpah Karate,” terangnya kepada PASJABAR, minggu (30/5/2021).

Di samping itu, sambung Reza juga menjadi wadah bagi mahasiswa STKIP Pasundan untuk menyalurkan bakat non akademik khususnya Karate pada bidang ilmu keorganisasian, kepelatihan, perwasitan, dan prestasi.

“Hal selanjutnya adalah memupuk semangat persatuan dan kesatuan antar sesama anggota UKM Karate. Sehingga bisa menciptakan suasana UKM yang nyaman. Juga
Mengadakan hubungan kerjasama dengan badan pemerintahan, perguruan / aliran karate di seluruh Indonesia yang berkaitan dengan Karate-Do. Serta Membentuk karakter pribadi dan tim yang solid untuk melaksanakan dan mengikuti kejuaraan Karate,” paparnya.

Kegiatan Rutin UKM Karate STKIP Pasundan

Adapun agenda rutin yan laksanakan yaitu tentu latihan di setiap minggunya sebanyak 2 kali. Serta menyelenggarakan pertandingan atau kejuaraan Karate yang diselenggarakan 2 kali dalam setahun dengan skala yang berbeda.

“Pertama kami menyelenggarakan kejuaraan dengan skala Se-Bandung Raya pada bulan-bulan mendekati akhir tahun. Kedua kami menyelenggarakan kejuaraan dengan skala Se-Jawa Barat pada bulan Februari atau Maret yang dimana kejuaraan tersebut bernama STKIP PASUNDAN CUP,” ulasnya.

UKM Karate juga menyelenggarakan penataran dan ujian wasit Karate untuk para Wasit / Juri FORKI JABAR.

“Tidak lupa untuk menambah wawasan, ilmu dan meningkatkan prestasi, kami juga menjalin kerjasama dengan UKM Karate di perguruan tinggi lain,” ucapnya.

Hal ini terang Reza untuk mengadakan latihan bersama dan turut serta mengikuti kejuaraan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi lainnya.

“Alhamdulillah anggota Aktif kami berjumlah 95 Orang yang. Di mana masa keanggotaan UKM Karate STKIP Pasundan berlaku seumur hidup,” ujarnya.

Sejauh ini anggota UKM Karate STKIP telah banyak meraih prestasi baik dari tingkat regional, nasional maupun internasional.

Adapun prestasi UKM Karate STKIP Pasundan yaitu telah berhasil menjadi Juara Umum 1 pada kejuaraan UNPAS KARATE CUP II pada tahun 2019.

“Rencana kedepannya, semoga kami bisa segera menyelenggarakan kejuaraan Karate dengan skala nasional dan internasional,” jelas Reza.

UKM Karate STKIP  juga telah menyelenggarakan berbagai event seperti STKIP PASUNDAN CUP I pada tahun 2018, STKIP PASUNDAN CUP II pada tahun 2019, Cimahi Open Karate Championship pada tahun 2019
STKIP PASUNDAN CUP III pada tahun 2020, Penataran Wasit / Juri FORKI JABAR pada tahun 2019
Penataran Wasit / Juri FORKI JABAR pada tahun 2020

“Harapannya UKM Karate STKIP Pasundan secara umum bisa lebih maju lagi, lebih produktif lagi. Lebih dikenal oleh semua kalangan karateka baik secara nasional maupun internasional dan bisa menjadi penyelenggara kejuaraan Karate yang memberikan banyak kebermanfaatan bagi banyak orang. Secara khusus, semoga UKM Karate STKIP  bisa menjadi wadah yang tepat dan lebih layak bagi mahasiswa STKIP PASUNDAN untuk menambah dan mengembangkan ilmu di bidang non akademik,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

11 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

11 jam ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

11 jam ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

12 jam ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

12 jam ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

14 jam ago