Categories: Uncategorized

Yayasan Sunan Gunung Geulis Bangun Rumah Al-Qur’an

ADVERTISEMENT

KABUPATEN SUMEDANG, WWW.PASJABAR.COM– Yayasan Sunan Gunung Geulis kini tengah membangun  Rumah Al Quran. Di mana peletakan batu pertama dilakukan pada Kamis (27/5/2021) si Taman Bukit Makmur, Kabupaten Sumedang.

Pengurus Yayasan Sunan Gunung Geulis Taman Bukit Makmur Iip Saripudin mengatakan bahwa pembangunan Rumah Al-Qur’an merupakan bagian dari syiar ungtuk membumikan Al Quran dalam kehidupan sehari hari, serta memberikan fasiltas kepada anak anak yang memiliki semangat dan keinginan tinggi  untuk mengaji, mengkaji dan menghafalkan Al Quran.

“Sasaran jangka pendek, kami akan menampung anak-anak dari wilayah setempat dan terdekat. Sedangkan sasaran jangka jangka panjang, kami akan menampung dari seluruh Indonesia, yang dibatasi hanya 1 orang per provinsi secara gratis dengan target 3 tahun hafidz Quran,” terangnya.

Strategi penggalangan dana, melalui gerakan wakaf 50.000 dan lelang wakaf kobong dan kelas dengan penghargaan, nama kobong dan kelas atas nama pemberi wakaf.

Program dan Kegiatan Yayasan Sunan Gunung Geulis

Yayasan Sunan Gunung Geulis, Sejak berdirinya telah banyak meluncurkan program dan kegiatan. Diantaranya Pendidikan TK/TP Al-Qur’an, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah dan Wustho Program SAMIUN ( Sabtu dan Minggu untuk mengaji ) Pra Pontren. Kegiatan bidang  Pemberdayaan dengan sekolah Ibu dan Ayah. Majlis Ta’lim/pengajian rutin dan Tarbiyah untuk pembinaan akhlaq dan iman, Penyaluran Santunan bagi anak yatim dan Dhuafa SGG.

“Adapula program Jumat Berkah Sodakoh (JBS) yaitu suatu kegiatan untuk memberi makan gratis kepada jamaah jumat Al-Muhajirin.
Dan Insya Allah akan dibuka Sekolah Penghafal Alquran /Tahfizhul Qur’an. Sebagai wadah untuk mencetak kader da’i/pengajar Al Qur’an dalam rangka membumikan Al Qur’an,” terang Iip kepada PASJABAR, Selasa (1/6/2021).

Perkembangan Yayasan Sunan Gunung ( SGG ) yang bergerak dibidang pendidikan, keagamaan dan pemberdayaan Keluarga dan Masyarakat, mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Dan banyak diminati oleh anak-anak karena metoda yang dipakai menggunakan konversi hak anak. Hal ini dibuktikkan dengan makin bertambahnya anak-anak untuk mengaji, mengkaji dan menghapal Al Quran di Sunan Gunung Geulis. Namun karena sarana dan prasarana yang dimiliki sangat terbatas, maka perlu pengembangan lahan yang lebih luas lagi.

“Jumlah anak santri Diniyah yang ada di SGG sampai dengan sekarang adalah sebanyak 137 Orang, dan anak yatim piatu yang dapat santunan sebanyak 25 Orang, oleh karena itu Untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan anak-anak untuk dapat mengaji dengan nyaman dan aman, perlu dijawab dengan mendirikan Pontren Rumah Al Quran SGG. Maka dari itu, pengurus Yayasan pada bulan Januari 2021 bersepakat untuk mengembangkan Rumah Al Quran menjadi Pondok Pesantren Rumah Al Quran Sunan Gunung Geulis Taman Bukit Makmur, dengan membuka lahan 1.120 meter persegi di Wilayah RT 04 / RW 05 Desa Mangunarga Kecamatan Cimanggung yang beririsan dengan RT 06 RW11 Cisempur Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang,” tandasnya.

Untuk mendanai pembangunan Pontren Rumah Al Quran SGG, diperlukan Gerakan Wakaf, yang kami beri nama Gerakan Wakaf 50.000,- untuk Seluruh Muhsinin (para agnia / dermawan) dari umat Islam yang ada di Seluruh Indonesia pada umumnya dan di Jawa Barat  pada khususnya.

Di samping itu dilakukan beberapa tahapan pembagunan atas bantuan donatur.

Bagi yang berniat untuk berinfaq/Sodaqoh/Wakap dapat disalurkan secara online, melalui rekening Panitia Pembangunan Rumah Al Quran ke: Bank Mandiri Nomor Rekening 1310.0159.3872.5  an Yayasan Sunan Gunung Geulis.

Strategi penggalangan dilakukan melalui, Gerakan Wakaf  Rp. 50.000,- dimana dibutuhkan Pewakif 27.000 Wakif dan strategi penggalangan dana melalui Lelang Kobong dan Kelas.

“Disamping pahala yang mengalir tiada pernah berhenti juga dapat penghargaan dan ucapan terimakasih  dengan pemberian nama kobong,” terangnya.

“Dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingganya kepada seluruh muwakif yang telah mendarmawakan sebagian hartanya untuk kepentingan pembebasan lahan tanah rumah Al Quran dan pengeboran air, semoga Alloh membalasnya dengan berlipat ganda,” ucapnya.

“Kami mohon doa, dukungan dan partisipasinya untuk terselenggarakannya pembangunan Rumah Al Quran ini,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Rakernas 2024, Paguyuban Pasundan DKI Jakarta Soroti Tantangan Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jakarta turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas)…

25 menit ago

Paguyuban Pasundan Wilayah Papua Ikuti Rakernas 2024, Dapat Motivasi Jaga Nilai Kesundaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Provinsi Papua untuk pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Sampaikan Pembekalan Strategi Budaya Membangun Bangsa di Raker Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sekaligus Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyampaikan…

2 jam ago

Ribuan Warga Jabar Ikuti Senam Bersama Porpi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Ribuan warga dari kabupaten/Kota di Jabar ikuti Senam Bersama Persatuan Olahraga Pernafasan…

3 jam ago

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

16 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

16 jam ago