PASOLAHRAGA

Marc Klok Tanggapi Pro dan Kontra Gabung ke Persib

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMBergabungnya Marc Klok ke Persib Bandung disambut antusias Bobotoh. Sebaliknya, hal ini justru menyakitkan bagi suporter Persija Jakarta.

Sebab, Klok seecara mengejutkan memutuskan mundur dari Persija. Bahkan, ia disebut-sebut mundur karena faktor uang yang diterima di Persija tak sesuai keinginannya.

Namun, tak berselang lama, ia justru bergabung dengan Persib yang merupakan klub rival Persija. Sehingga, Klok dihadapkan pada dua situasi, ada yang senang dengan keputusannya, ada juga yang geram.

Klok sendiri menanggapi santai seputar polemik yang dihadapinya kini. Baginya, apa yang dialami sekarang bukan situasi aneh dalam industri sepak bola.

“Itu hidup, itu di sepak bola selalu ada rasa (pro dan kontra) begitu, bukan di Indonesia aja, tapi di dunia,” kata Klok, Jumat (2/7/2021).

Bagi pesepak bola, yang dikedepankan adalah profesionalitas. Sehingga, setiap pemain punya kebebasan dalam menentukan akan bermain di klub mana, termasuk di tim rival.

Ia sendiri memandang meninggalkan Persija dan pindah ke Persib sebagai pilihan terbaik. Ada banyak pertimbangan yang melatarbelakangi keputusan tersebut.

“Kita punya profesi dan kita harus berpikir untuk kita sendiri juga bagaimana baiknya,” ucapnya.

Klok pun tak peduli jika ada yang tak suka dengan keputusannya. Hal itu tak akan meruntuhkan semangatnya menampilkan performa terbaik dan membantu Persib meraih kejayaan.

Sebaliknya, ia lebih peduli pada pihak yang mendukung keputusannya. Bahkan, dukungan itu menambah besar motivasinya. “Kalau saya lihat untuk orang suka saya, saya sendiri selalu pikir untuk hal yang positif,” ungkap Klok.

Sementara itu, sebelum memutuskan bergabung ke Persib Klok ternyata sangat laris diburu tim lain, termasuk dari negara lain di Asia. Namun, dengan berbagai pertimbangan, Persib akhirnya lebih dipilihnya.

“Banyak (yang menghubungi), di Indonesia ada lima atau enam klub, di luar ada dua,” jelas Klok.

Tinggalkan Persija, Ini yang Bikin Marc Klok Mantap ke Persib

Marc Klok memutuskan mundur dari Persija Jakarta dan akhirnya berlabuh ke Persib Bandung. Apa yang membuat sang pemain memilih hengkang ke tim rival?

Status sebagai klub besar dan punya banyak pemain berkualitas jadi alasan terkuatnya. Selain itu, kehadiran pelatih Robert Alberts juga menjadi daya tarik tersendiri.

Dari segi manajemen, Persib juga dianggap sebagai salah satu yang terbaik. Tak hanya itu, ia juga tertarik karena ada magnet Bobotoh yang dinilainya sebagai suporter terbaik di Indonesia.

“Kenapa pilih Persib? Klub besar, organisasi baik, pemain bagus, dan suporter juga terbaik,” ujar Klok usai mengikuti latihan perdana bersama Persib di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (2/7/2021).

Ia sendiri yakin Persib sebagai tim yang serius dalam memburu gelar juara Liga 1. Ia meyakini Persib bakal bisa meraihnya dan ia mau jadi bagian dari kesuksesan tersebut.

“Saya pikir dengan situasi Persib sekarang, dengan tim, dengan skuad, dengan pemain, dengan organisasi, di sini peluang terbaik untuk ambil juara,” jelas Klok.

Sementara itu, usai mengikuti latihan perdana, pemain naturalisasi berdarah Belanda itu mengaku mendapat sambutan hangat dari rekan setim. Ia pun berusaha berbaur agar bisa segera klop dengan mereka.

Sebab, ia meyakini komunikasi dan kedekatan di antara para pemain akan jadi modal penting untuk meraih gelar juara. Hal itu akan berdampak pada permainan tim di lapangan.

“Kita harus punya koneksi yang terbaik untuk kasih prestasi terbaik juga. Semua harus bicara juga dan harus punya komunikasi baik,” tandas Klok. (ors)

 

 

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

10 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

12 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

13 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

13 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

14 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

14 jam ago