PASNUSANTARA

Menparekraf Ajak Himpunan Mahasiswa Islam Bangkitkan Parekraf

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM– Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) untuk bersama-sama membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di masa pandemi COVID-19.

Dalam acara Webinar Bincang Gema Nusantara PP Himpunan Mahasiswa Islam. Yang bertajuk ‘Masa Depan Pariwisata Indonesia di Masa Pandemi COVID-19’, Rabu (14/7/2021).

HMI memiliki sumber daya berkualitas

Menparekraf Sandiaga mengatakan HMI memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Sehingga potensial menjadi agen perubahan pada sektor parekraf di masa pandemi COVID-19 agar menjadi lebih baik lagi.

“Hari ini kita bersama dengan rekan-rekan HMI karena kita ingin berkolaborasi. Kita ingin menjadi fasilitator aktif, oleh karena itu merupakan bagian dari adaptasi. Kita ingin mendorong teman-teman HMI juga menjadi agen perubahan, agen CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability). Agen menghadirkan pariwisata era baru yang lebih bersih, lebih sehat, lebih selamat, dan juga lebih berkelanjutan,” ujar Menparekraf Sandiaga dalam rilis yang diterima PASJABAR, Kamis (15/7/2021).

Lebih lanjut, Sandiaga juga mengajak HMI turut membantu mengembangkan desa wisata.

“Saya yakin dengan HMI kita bisa mengembangkan desa wisata. Karena ada pendampingan SDM dari anak-anak HMI yang selain aktivis juga banyak yang berwirausaha, dan ketokohan HMI tidak diragukan. Ketokohan itu di HMI sangat penting,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan ada tiga pilar utama dalam pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif yaitu dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Inovasi diantaranya dengan pendekatan 360 derajat dan big data. Adaptasi melalui penerapan protokol CHSE. Dan didukung kolaborasi dengan seluruh stakeholder. Sehingga, nantinya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

Dalam webinar tersebut, Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Wisnu B. Tarunajaya, Plt. Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf Cecep Rukendi. Direktur Aplikasi Permainan TV dan Radio Kemenparekraf Syaifullah. Serta turut dihadiri Ketua Umum PB HMI Raihan Ariatma, Ketua Bidang Pariwisata dan Kebudayaan PB HMI Sanipar. Serta Wasekjen PB HMI Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Ilham Fauzie.

Dalam kesempatan itu, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Wisnu B. Tarunajaya. Menyampaikan harapannya agar HMI dapat semangat turut serta dalam memajukan sektor parekraf.

“HMI mudah-mudahan ke depan selalu turut memajukan sektor parekraf. Terutama mendukung desa wisata,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Pariwisata dan Kebudayaan PB HMI Sanipar. Menyampaikan terima kasih kepada Menparekraf atas kepercayaannya terhadap HMI. Untuk membantu memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya berharap kita dapat bersama-sama membantu pemerintah untuk mendorong sektor parekraf ini untuk menjadi lebih baik,” harapnya. (*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

43 menit ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

2 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

2 jam ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

2 jam ago

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

3 jam ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

3 jam ago