HEADLINE

OSJUR PPKn STKIP Pasundan Solidaritas Membangun Karakter Lewat Kearifan Lokal

ADVERTISEMENT

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM– Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) STKIP Pasundan menggelar Orientasi Studi Pengenalan Kampus (OSJUR) pada 26-27 Juli 2021 secara virtual.

OSJUR PPKn STKIP Pasundan mengangkat tema “Solidaritas mahasiswa dalam membangun karakter melalui kearifan lokal”.

Ketua Pelaksana, Iham Nasrulloh mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi PPKn angkatan 2020.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan tentang kampus STKIP Pasundan Lebih dalam mengenai fasilitas, struktur, sejarah prodi PPKn di STKIP Pasundan, hingga karir ke depan mahasiswa,” ujarnya kepada PASJABAR, Kamis (28/7/2021).

Di samping itu OSJUR PPKn STKIP Pasundan juga terang Ilham untuk memperkenalkan lebih dalam tentang Kearifan Lokal dalam hal ini kebudayaan sunda. Membangun karakter dan solidaritas mahasiswa melalui kearifan lokal. Dan mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa.

“Adapun peserta sangat antusias walaupun kegiatan ini harusnya dilaksanakan secara offline. Tetapi karena ada kebijakan dari pemerintah terkait PPKM maka OSJUR ini dilaksanakan secara online. Karena kesehatan kita adalah hal yang utama,” paparnya.

Ilham menambahkan bahwa kegiatan ini sangat penting dilakukan karena merupakan program rutinan yang dilakukan oleh setiap angkatan.

Setelah mengikuti acara OSJUR peserta akan mendapatkan sertifikat yang akan menjadi salah satu syarat untuk kelulusan nanti.

“Melalui kegiatan ini peserta dan mahasiswa dapat menambah wawasan tentang kampus STKIP Pasundan dan Prodi PPKn,” ucapnya.

“Selain itu mahasiswa juga lebih memperhatikan dan melestarikan kebudayaan Sunda,” sambungnya.

Ilham mengatakan bahwa ada 3 pemateri dalam acara ini, yakni pada Hari pertama  tanggal 26 Juli 2021 dari Dosen sekaligus Pembina HIMA PPKn Andrian, M. Pd  yang menyampaikan materi tentang STKIP Pasundan dan Prodi PPKn.

Sedangkan di hari ke dua, tanggal 27 Juli 2021, diisi oleh alumni, Muhamad Isman Alatif, S. Pd yang membahas tentang Kebudayaan Sunda.

Selanjutnya materi ke dua oleh dosen,  Dr. Yusuf Faisal Ali, S.Pd.,M.H. mengulas tantang Membangun Karakteristik Mahasiswa.

“Kami berharap dengan diadakannya acara ini adalah mahasiswa khususnya antar angkatan, alumni HIMA PPKn lebih mengenal satu sama lain. Selain itu mahasiswa juga lebih mengenal dan melestarikan kearifan lokal khususnya Budaya Sunda,” jelasnya.

Ilham pun berharap  kedepannya HIMA PPKn STKIP Pasundan akan melakukan kegiatan untuk menyambut peserta baru HIMA PPKn dan menempatkan mereka ke dalam struktur HIMA PPKn sesuai dengan potensi dan bakatnya.

“Seluruh mahasiswa juga diharapkan bisa mengembangkan potensi dan bakatnya melalui HIMA PPKn sebagai wadah atau tempat,” ucapnya.

“Selain itu kita akan menjalankan Program Kerja kita. HIMA PPKn Periode 2021-2022 ini juga akan terus melakukan penyuluhan untuk melestarikan kearifan lokal atau kebudayaan sunda melalui diskusi rutin, webinar,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

24 menit ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

54 menit ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

1 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

2 jam ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

3 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

5 jam ago