PASPENDIDIKAN

Unisba Kejar 75 Persen Dosen Tulis Jurnal Penelitian

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMUniversitas Islam Bandung (Unisba) kejar target dosen bisa menulis di jurnal terakreditasi hingga 75 persen dalam satu tahun. Hal tersebut sebagai salah satu penilaian peningkatan kinerja dosen dan juga penilaian Kemendikbudikti baik untuk tenaga dosen dan akreditasi perguruan tinggi.

“Kami berharap kalau bisa seluruh dosen bisa menulis dan di publikasi di jurnal nasional dan internasional. Atau 75 persen dari dosen penelitiannya di jurnalkan, apalagi di kami sudah banyak jurnal yang terakreditasi nasinal dengan level S5 hingga S1,” ujar Wakil Rektor I Unisba Prof.Ir.A.Harits Numan M.T.,Ph.D.,IPM dalam jumpres Bandung Annual International Conference (BAIC) 2021 melalui zoomeet, Rabu (15/9/2021).

Ditambahkannya, saat ini jurnal penelitian yang dipublikasi sangat menentukan nilai kenaikan pangkat dan menjadi beban kerja setiap dosen selain mengajar mahasiswa.

“Oleh karenannya Unisba akan selalu memfasilitasi berbagai jurnal penelitian untuk bisa dipublikasi. Bahkan untuk jurnal internasional kami memberikan belak khusus bukan hanya anggaran penelitiannya saja, namun secara khusus di skolahkan dan diberikan pelatihan jurnal internasional,” tambahnya.

Sementara itu meski saat masih dalam pandemi Covid-19 yang belum usai, namun Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unisba tetap menyelenggarakan kegiatan Bandung Annual International Conference (BAIC) 2021 yang mengusung tema “Innovation and Adaptation for Sustainable Development Goals”.  BAIC yang tahun ini adalah penyelenggaraan keempat, sama seperti tahun lalu, diselenggarakan secara online melalui zoom meeting.

Kegiatan konferensi ini dibagi menjadi dua kegiatan utama yaitu Scientific & Technology Research Symposium (SiRes) dan Social & Humanities Research Symposium (SoRes). Tema untuk SiRes tahun ini adalah : Innovation of Science and Technology for Sustainable Development Goals sedangkan tema untuk SoRes adalah Islam, Media and Education in Building Adaptation for Sustainable Development Goals.

“Jumlah total peserta tahun ini adalah 219 dengan pembagian 153 peserta SoRes dan 66 peserta SiRes.  Peserta yang hadir sebagian besar adalah peneliti dan dosen di lingkungan Unisba sedangkan sebagian yang lain berasal dari berbagai perguruan tinggi di dalam dan luar negeri,” ujar Ketua Panitia BAIC, Ahmad Arif Nurrahman, S.T., M.T.

Ia berharap BAIC menjadi wadah publikasi bagi para peneliti atas riset yang telah mereka lakukan serta menjadi tempat pertukaran ide dan pengetahuan terbaru sehingga akan meningkatkan jejaring dan kolaborasi di level nasional dan internasional.

“Forum ilmiah ini juga diharapkan dapat menambah wawasan dan kematangan berpikir para peserta secara ilmiah. Area riset yang masuk dalam SiRes adalah Teknik Industri, Teknik Pertambangan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Statistik, dan Matematika. Sedangkan bidang riset yang masuk dalam area SoRes adalah Komunikasi, Psikologi, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, Hukum, Pendidikan Islam, Pendidikan Anak Usia Dini, Komunikasi dan Penyiaran Islam, ekonomi syariah dan bidang lain yang terkait,” tuturnya.

Hadir sebagai keynote speakers dalam kegiatan ini adalah Prof. Stewart Barr dari University of Exeter, United Kingdom, dan Dr. Ir. Mohamad Satori, M.T., IPU. dari Universitas Islam Bandung.

Berbeda dengan penyelenggaraan tahun lalu, BAIC 2021 melaksanakan dua kegiatan utama yaitu plenary session yang menghadirkan kedua pembicara utama dalam satu sesi serta parallel session yang membagi para pemakalah ke dalam breakout room (via zoom meeting) untuk melakukan presentasi diskusi, sesuai dengan tema tulisan dari para peserta.

Sebelum pelaksanaan konferensi pada Rabu 15 September 2021, sehari sebelumnya yaitu Selasa 14 September 2021 dilakukan kegiatan coaching clinic penulisan artikel ilmiah bagi para peneliti/dosen yang mengikuti acara konferensi.

Dalam klinik penulisan ini, para peserta akan diberi panduan menulis artikel sesuai ketentuan penerbit internasional yang akan menerbitkan hasil-hasil riset yang dipresentasikan saat konferensi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, artikel dalam konferensi ini akan dipublikasikan di prosiding internasional sehingga kegiatan konferensi ini tidak berhenti hanya pada presentasi hasil penelitian semata.

“Lebih dari itu, konferensi ini menjadi wadah bagi para dosen Unisba, khususnya, untuk mempublikasikan hasil riset mereka secara internasional melalui prosiding internasional,” tambah Ketua LPPM Unisba, Prof. Dr. Neni Sri Imaniyati, S.H, M.Hum.

Neni menyebutkan untuk penyelenggaraan BAIC 2021 ini, LPPM Unisba juga bekerja sama dengan pemerintah dan Perguruan Tinggi Mitra Unisba baik dari dalam maupun luar negeri yang berpartisipasi sebagai co-host di antaranya: Universitas  Malaysia Kelantan, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Provinsi Jawa Barat, Universitas Bina Bangsa, Universitas Bina Insani, Universitas Swadya Gunung Jati Cirebon, Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat (NTB), Universitas Ibnu Sina Batam, Universitas Bengkulu, STT Migas Balikpapan, Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon. (tie)

 

Yatti Chahyati

Recent Posts

Prof. Eddy Soeryanto Soegoto Resmi Dilantik Sebagai Ketua APTISI Provinsi Jawa Barat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Pusat, Dr. Ir. H. M.…

15 menit ago

Reaksi Bojan Hodak Usai Persib Hancurkan Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung memuaskan hasrat Bobotoh usai mengalahkan Persija Jakarta dalam lanjutan Liga…

28 menit ago

KPU Jawa Barat Umumkan Nomor Urut, Empat Paslon Cagub Siapkan Strategi Terbaik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Jawa Barat secara resmi menetapkan nomor urut…

1 jam ago

Polres Cimahi Ringkus Lima Begal Sadis di Cianjur dan Padalarang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Satreskrim Polres Cimahi berhasil menangkap lima pelaku begal yang meresahkan masyarakat di…

13 jam ago

Dadang Supriatna-Ali Syakieb Resmi Dapat Nomor 2, Siap Bangun Bandung Lebih Bedas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Ali Syakieb (Bedas) mendapat…

14 jam ago

Kabinet Ala Koalisi Gemoy

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Setelah…

15 jam ago