PASNUSANTARA

HIMARA Stisipol Pahlawan 12 Tingkatkan Nasionalisme Dengan Nilai Sejarah

ADVERTISEMENT

BANGKA, WWW.PASJABAR.COM– Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara (Himara) Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat Bangka menggelar “HIMARA GI NATAK” serta berziarah ke makam pahlawan 12 pada Sabtu (9/10/2021).

Himara gi natak in mengangkat tema “Meningkatkan rasa nasionalisme dengan menumbuhkan nilai sejarah”.

Panitia acara mengungkapkan bahwa kunjungan dilakukan ke beberapa tempat bersejarah seperti tempat rumah- rumah lama, pemukiman Masyarakat pada masa penjajahan, hingga bekas bangunan industri belanda yang bertempat di Desa Petaling Banjar, Kecamatan Mendo Barat.

“Peristiwa sejarah ini dijelaskan oleh kawan- kawan karang taruna gaspalas desa petaling Banjar dan salah satu warga ialah bapak Jumahat yang kerap dikenal sebagai atok (kakek) Jumahat yang masih mengenal dan mengetahui sejarah- sejarah ini, sehingga kami yakin apa yang mereka jelaskan sesuai dengan sejarahnya,” terangnya.

Kunjungan pertama diarahkan ke rumah lama yang dibangun oleh warga setempat sejak masa penjajahan Belanda dan hingga saat ini, rumah tersebut masih berdiri tegak walaupun ada beberapa bagian yang sudah tidak utuh lagi karena faktor usia.

Saat ini rumah tersebut menjadi aset desa petaling Banjar. Di mana, pemerintahan desa mempersilahkan Rumah ini dihuni oleh masyarakat setempat yang sudah berkeluarga dan belum mempunyai rumah, sampai ia mempunyai rumah.

Rumah tersebut dibolehkan diisi oleh pihak desa untuk membantu masyarakat tapi dengan syarat harus dijaga, dirawat, dan tidak boleh dikotak- katik bangunan karena merupakan rumah bersejarah dan aset desa petaling Banjar.

“Pada hari ini kita hanya mempunyai kesempatan untuk mengupas sejarah rumah lama saja. Karena kebetulan pada hari ini Desa Petaling Banjar melaksanakan vaksin massal dan pemandu kita juga ingin melakukan vaksinasi. Sehingga kita dapat mengupas sejarah lain di waktu lain juga,” pungkasnya. (*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

58 menit ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

2 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

3 jam ago

Diserbu Bobotoh Henhen Tutup Kolom Komentar Instagramnya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Buntut insiden intimidasi yang diduga dilakukan beberapa beberapa pemain Persib kepada bobotoh,…

3 jam ago

5.000 Umat Muslim Bandung Gelar Aksi Bela Palestina

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Lebih dari 5.000 umat Muslim di Kota Bandung menggelar aksi unjuk rasa…

4 jam ago

372 Mahasiswa Magister dan Doktor Pascasarjana Unpas Ikuti Matrikulasi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sebanyak 372 mahasiswa program Doktor dan Magister Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) mengikuti…

4 jam ago