PASNUSANTARA

Vaksinasi, Bansos Hingga Sertifikasi CHSE Untuk Parekraf DIY

ADVERTISEMENT

YOGYAKARTA, WWW.PASJABAR.COM– Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan sertifikasi CHSE, meninjau sentra vaksinasi, dan memberikan bantuan sosial kepada Parekraf di Novotel Suite Malioboro, Yogyakarta, Minggu (10/10/2021).

Sandiaga menjelaskan, di era adaptasi kebiasaan baru, CHSE harus betul-betul menjadi gold standard dalam pelaksanaan pelayanan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ia menyerahkan sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability) kepada 110 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai upaya memulihkan kepercayaan wisatawan dan menggeliatkan kembali aktivitas pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

“Kami menyerahkan sertifikat CHSE yang merupakan bagian dari protokol kesehatan dan terintegrasi pada aplikasi pedulilindungi kepada 110 pelaku parekraf di DIY, CHSE ini memberikan jaminan bahwa produk dan pelayanan yang diberikan sudah memenuhi standar dan protokol kesehatan bagi wisatawan,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam rilis yang diterima PASJABAR.

Sertifikasi itu diberikan secara simbolis kepada 6 pelaku parekraf yaitu, Grage Business Hotel Yogyakarta, University Hotel Yogyakarta, MM UGM Hotel, R & B Grill Resto, Double O Resto, serta Gembira Loka Zoo. Dalam kesempatan tersebut hadir Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, Komandan Korem (Danrem) 072 Pamungkas Brigjen TNI Afianto, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY Singgih Raharjo, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya, dan Staf Ahli Menparekraf Bidang Manajemen Krisis Henky Manurung.

Selain memberikan sertifkasi CHSE, Menparekraf juga meninjau sentra vaksinasi hasil kolaborasi antara Kemenparekraf bersama Dinas Pariwisata DIY, Kodam IV/Diponegoro, Korem 072/Pamungkas, Accor Indonesia, Rumah Siap Kerja, Alfamart, Lazismu, Accenture, dan Kitabisa dengan target 1000 orang selama 2 hari pada 10 dan 11 Oktober 2021.

“Saya melihat bahwa, tingkat vaksinasi ini akan menjadi prasyarat dari pemulihan kita ditambah protokol kesehatannya. Hari ini kita lakukan vaksinasi dengan target 1000 orang selama dua hari. Melalui program vaksinasi ini juga, diharapkan dapat menekan penyebaran virus ini di kalangan masyarakat. Dua hal coba kita wujudkan hari ini melalui sentra vaksin yang bertujuan untuk memulihkan kembali perekonomian akibat pandemi,” katanya.

Siap Layani Wisatawan Masa Depan

Menparekraf berharap kedepan, kolaborasi ini semakin meningkat dan melibatkan lebih banyak pihak sehingga membuat masyarakat dan SDM di bidang parekraf semakin mudah mengakses vaksin dan akan lebih siap untuk dapat kembali terjun melayani wisatawan di masa depan.

Ia meminta kolaborasi ini tidak hanya sampai di sentra vaksin, tetapi berlanjut ke kampanye tentang pentingnya protokol kesehatan bagi masyarakat dan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang sudah kita susun dalam panduan CHSE.

“Kita hari ini juga menyerahkan bantuan sosial sembako dan bantuan lainnya yang merupakan perhatian dari pemerintah dalam upaya memberikan keterampilan, menggerakkan ekonomi, serta membuka lapangan kerja,” katanya. (*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

3 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

3 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

13 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

15 jam ago