PASJABAR

Jadi Juara Umum PON Papua, DPRD Soroti Turunnya Peraihan Medali

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMMeski di PON XX Papua, Jabar kembali raih juara umum, namun untuk raihan medali sebetulnya relative menurun dibandingkan PON XIX. Hal tersebut menjadi sorotan DPRD Jabar, Abdul Muiz.

“Kalau disbanding PON XIX lalu, kan memang kita sebagai tuan rumahnya, jadi wajar jika mendapatkan hasil yang maksimal. Berbeda dengan sekarang, Ketika di Papua, ada perbedaan kultur, cuaca dan banyak lagi. Belum lagi ini kan dilaksanakannya di penghujung pandemic, jadi memang suasananya pasti akan berbeda,” ujar politisi PKS ini, belum lama ini.

Meski demikian, Abudul Muiz menilai ini merupakan prestasi terbaik yang bisa diberikan kontingen Jawa Barat, dari mulai atlet, official dan pengurus KONI, baik provinsi maupun Kota/Kabupaten yang ada di Jabar.

Untuk itu, anggota DPRD dari Daerah pemilihan Kota/Kabupaten Sukabumi ini mengucapkan selamat keapda para peraih medali, dan semua yang sudah berjuang demi nama baik Jabar.

“Apapun hasilnya, itu merupakan yang terbaik yang udah mereka persembahkan,” tegasnya.

Tidak lupa Anggota Komisi V DPRD Jabar ini menyampaikan rasa terimakasih atas perjuangan yang tidak mudah ini. Pembinaan dilakukan di masa pandemic dengan segala keterbatasannya. Namun, para atlet dan seluruh jajaran KONI masih bisa meraih yang terbaik.

“Atas nama pribadi dan seluruh warga Jawa Barat, saya mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepaa para atlet yyang sudah berjuang. Dan terimaksih kepada seluruh tim KONI yang yang sudah memberikan dukungan baik materiil maupun imateriil,” katanya.

Abdul Muiz berharap prestasi ini bisa dipertahankan, akan jauh lebih baik jika ditingkatkan lagi. Caranya, denngan memberikan perhatian lebih kepda para atlet peraih prestasi. Baik itu secara jangka pendek, dengan memberikan kadeudeuh untuk para peraih medali.

“Kalau saya tidak salah, ada kadeudeuh Rp300 juta untuk para peraih medali, namun kita harus pastikan lagi kepada pengurus KONI karena mereka yang tahu perseis,” terang Abdul Muiz.

Menurut Abdul Muiz, kadeudeuh yang diberikan pemprov Jabar mungkin memag tidak sebesar yang akan diberikan Pemprov DKI, karena secara kemampuan anggaran memang berbeda. Karenanya, Abdul Muiz meminta pihak swasta yang punya kemampuan lebih untuk membantu memberikan perhatian kepada para atlet, sehingga mereka bisa lebih termotovasi untuk ber[restasi tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga internasional.

“Namun sekarang dengan adanya refocusing pasca pandemic, kita memang mengalami devisit anggaran. Jadi semua memang harus diperhitungkan,” tuturnya.

Pemberian kadeudeuh juga tidak bisa dilakukan sekarang dalam waktu dekat. Karena pembahasannya pun baru dilakukan sekarang. Jadi, kemungkinan kadeudeuh baru akan diberikan pada 2022. Yang jelas, sambung Abdul Muiz, pihaknya sebagai anggota DPRD Jabar, memberika dorongan semaksimal mungkin, agar para atlet mendapatkan kesejahteran yang baik.

“Kami baru bisa mencairkan kadeudeuh buat para atlet berprestasi di PON XX pada anggaran APBD murni 2022,” jealsnya.

Untuk masa depan para atlet itu, Abdul Muiz mengatakan, ada beasiswa yang disiapkan, bagi para atlet berpretstasi dan mempunya kemampuan lebih di bidang akademik. Demikian juga untuk mereka yang berminat menjadi PNS, meski itu keputuan ada di pemerintah pusat, karena ada serangkaian tes yang harus dilalui, namun pemprov diharapkan bisa membereikan rekomendasi atau dorongan agar para atlet bisa mendapatkan hak mereka.

“Atau setidaknya mereka bisa menjadi P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja,red),” tambahnya.

Sedangkan keapda pemerintah Kabupaten/ Kota Sukabumi, Abdul Muiz mendorong agar mereka bisa memberikan kadedeuh juga kepada atlet mereka yang bisa meraih medali.

“Jadi jangan hanya mengandalkan dari pemerintah provinsi saja. Melainkan juga harus ada tambahan dari pemerintah kabupaten/kota,” tegasnya.  (Put)

 

Yatti Chahyati

Recent Posts

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

8 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

8 jam ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

9 jam ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

9 jam ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

9 jam ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

11 jam ago