HEADLINE

Promosi Doktor Ruhanda Kupas Tuntas Kinerja Pengurus PMI di Daerah Jawa Barat

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR– Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ruhanda mahasiswa program doktor Ilmu Manajemen pada Jum’at (22/10/2021).

Acara yang digelar di Aula Mandalasaba dr.Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No 41 Kota Bandung ini diketuai oleh rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf, Sp., M.Si., M.Kom.IPU

Adapun disertasi yang disidangkan berjudul Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Berprestasi, dan Kompetensi terhadap Komitmen Afektif yang Berdampak pada Kinerja Pengurus (Studi pada Pengurus PMI Daerah di Jawa Barat).

Disertasi ini dipromotori oleh Prof. Dr. H. Azhar Affandi S.E.,M.Sc dan Co-Promotor, Dr. H. Heru Setiawan, S.E.,M.M.

Dalam paparannya, Ruhanda memaparkan bahwa Jawa Barat sebagai provinsi dengan jumlah penduduk paling banyak di Indonesia, belum mendapatkan pelayanan yang optimal dari organisasi PMI, hal ini akan berdampak pada kepuasan publik terhadap kinerja PMI di wilayah provinsi Jawa Barat .

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji Budaya Organisasi, Motivasi berprestasi, Kompetensi terhadap Komitmen Afektif yang berdampak pada Kinerja Pengurus,” ulasnya.

Adapun metode penelitian yang digunakan adalah descriptive survey dan explanatory survey.

Dalam penelitian ini, yang menjadi sampel adalah pengurus PMI yang berada di wilayah provinsi Jawa Barat sebanyak 175 responden.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah cross sectional dan teknik pengolahan data menggunakan analisis jalur dan teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Proportionate Random Sampling.

“Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari Budaya Organisasi, Motivasi Berprestasi, dan Kompetensi terhadap Komitmen Afektif dengan besaran pengaruh sebesar 74,91 persen,” ujarnya.

“Di samping itu terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari Komitmen Afektif terhadap Kinerja pengurus PMI daerah Jawa Barat dengan besaran pengaruh sebesar 87, 2 persen,” imbuhnya.

Hasil dari sidang ini Ruhanda dinyatakan lulus dengan IPK 3,65 dan hasil yudisium sangat memuaskan.

Ruhanda yang saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor II sekaligus Dosen di Universitas Langlangbuana mengungkapkan bahwa ia senang dan bersyukur dapat menempuh studi S3 di Unpas.

“Senang sekali kuliah di Unpas, dosennya melayani dengan baik. Bagi saya berkuliah di Unpas adalah sebuah kebanggaan, maka dari itu saya juga mendaftarkan anak saya untuk berkuliah di Unpas,” tandasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Hari Pangan Sedunia di Bandung: Kolaborasi untuk Ketahanan Pangan dan Ekonomi Lokal

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-44 di Kota Bandung diselenggarakan dengan meriah pada…

8 jam ago

KPU Jabar Mulai Distribusi 70 Juta Surat Suara untuk Pilkada Serentak 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat resmi memulai distribusi surat suara untuk…

9 jam ago

Festival Cosplay Jepang Meriahkan Wisata Lembang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Festival Cosplay Jepang diadakan di area wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada…

10 jam ago

Indonesia Pamerkan Kuliner dan Budaya di Festival Riyadh Season 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Indonesia turut berpartisipasi dalam Festival Riyadh Season di Arab Saudi dengan menampilkan…

11 jam ago

Pohon Tumbang Rusak Sembilan Mobil Wisatawan di Lembang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Sebanyak sembilan mobil wisatawan rusak akibat tertimpa pohon tumbang di kawasan objek…

12 jam ago

Bahaya Diabetes Dini: Risiko Kematian Meningkat hingga Empat Kali

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Sebuah studi terbaru yang diterbitkan di Lancet Diabetes & Endocrinology mengungkapkan adanya…

14 jam ago