PASNUSANTARA

Kepailitan Perusahaan Sebabkan Pengangguran, IKANO Unpad dan Pengwil Jabar INI Gali Solusi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Pandemi Covid 19 telah berpengaruh besar pada berbagai aspek, termasuk ekonomi yang menyebabkan perusahaan mengalami pailit dan menyebabkan arus deras pengangguran.

Hal ini disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. Ahmad M. Ramli, SH.,MH.,FCB,Arb., dalam Seminar Nasional dengan tema “Dinamika Hukum Kepailitan di Indonesia” pada Senin (25/10/2021) di Grandia Hotel Bandung.

Seminar ini digelar atas kolaborasi Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (Pengwil Jabar INI), Ikatan Keluarga Alumni Notariat (IKANO) Universitas Padjadjaran dan Program Studi Magister Kenotariatan Universitas Padjadjaran.

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. Ahmad M. Ramli, SH.,MH.,FCB,Arb., (tiwi/pasjabar)

Prof Ramli mengatakan saat ini banyak perusahaan yang mengalami guncangan atau ketidakstabilan untuk kemudian mengajukan keringanan hutang. Hal ini mendorong perlunya pengkajiam hukum dan aturan secara lebih berkesinambungan.

“Pemerinah dalam hal ini, menteri keuangan dan OJK perlu mempertimbangkan bagaimana agar perusahaan bisa tetap hidup, ekonomi tidak memburuk dan mencegah pengangguran,” imbuhnya.

Ia pun mengapresiasi IKANO dan Pengwil INI Jabar yang mencoba untuk menggali lebih dalam dinamika hukum kepailitan di Indonesia lewat seminar.

“Banyak narsumber hebat, para ahli yang akan mencari solusi dan langkah strategis dalam masalah ini,” ujarnya.

Ketua Pengurus Wilayah Jawa Barat Ikatan Notaris Indonesia, Dr. H. Irfan Ardiansyah, SH,LL.M.,Sp.N., (Tiwi/pasjabar)

 

Adapun Ketua Pengurus Wilayah Jawa Barat Ikatan Notaris Indonesia, Dr. H. Irfan Ardiansyah, SH,LL.M.,Sp.N., mengatakan bahwa masa pandemi Covid 19 telah membuat ekonomi menjadi gonjang-ganjing khususnya di Indonesia, dimana banyak perusahaan yang pailit dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

“Hal ini mendorong kami menggelar seminar untuk memberikan sumbang saran, jika terjadi pailit, lantas bagaimana aturan pemerintah dan perbankan? Tentu harus didukung sehingga ekonomi tidak berhenti dan kami harapkan seminar ini dapat menghasilkan rumusan yang baik kepada pemerintah,” tuturnya.

Seminar ini sambung Irfan menjadi wadah untuk memberikan ide pemikiran yang relevan agar perusahaan bida bertahan dan perekonomian tidak anjlok.

Ketua Dewan Penasehat IKANO UNPAD, Badar Baraba, SH,MH (tiwi/pasjabar)

Sedangkan Ketua Dewan Penasehat IKANO UNPAD, Badar Baraba, SH,MH menambahkan bahwa IKANO konsisten berada di jalur akademis memberikan sumbangsih termasuk dalam gagasan dan ide melalui seminar kepailitan.

“Seminar ini diharapkan dapat memberikan kesadaran, bahwa pailit bukan diartikan sebagai alat untuk mengakhiri karir perusahaan tapi juga menjadi sarana untuk bangkit kembali,” ujarnya.

Hasil dari seminar ini, ucap Badar akan disampaikan kepada dinas instansi terkait agar menjadi kajian dan referensi.

 

Kaprodi Magister Kenotariatan Universitas Padjadjaran, Dr. Dadang Epi Sukarsa, SH.,MH., (Tiwi/pasjabar)

Terakhir, Kaprodi Magister Kenotariatan Universitas Padjadjaran, Dr. Dadang Epi Sukarsa, SH.,MH., mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan memberikan solusi praktis terkait dinamika hukum pailit di Indonesia.

“Seminar ini sangat penting untuk menyesuaikan terkait teori dengan praktik yaitu kondisi ril lapangan apalagi di masa pandemi Covid 19,” tandasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Timnas Indonesia U-20 Kandaskan Timor Leste dengan Skor 3-1

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas Indonesia U-20 mengandaskan Timor Leste U-20 dengan skor 3-1 pada laga kedua…

6 jam ago

Yaman akan Menjadi Ancaman Bagi Timnas Indonesia, setelah Gilas Maladewa 3-0

WWW.PASJABAR.COM -- Dua gol dicetak pemain Yaman di laga Yaman U20 vs Maladewa U20 di…

7 jam ago

Media Gathering PTDI & Kemhan RI: Sinergi Membangun Narasi Kemajuan Dirgantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Dengan mengusung tema “Sinergi Membangun Narasi Kemajuan Dirgantara”, PT Dirgantara Indonesia (PTDI)…

7 jam ago

Equinox Melintasi Indonesia, BMKG: Sinar Matahari Terasa Lebih Terik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa Indonesia akan mengalami pengaruh…

9 jam ago

Marc Marquez Siap Bangkit di MotoGP Mandalika, Targetkan Posisi Lima Besar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Juara dunia delapan kali, Marc Marquez, menyatakan antusiasmenya untuk menghadapi persaingan di…

10 jam ago

Kesan Tyronne del Pino Main di Laga Persib Vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino mengungkap kesannya pertama kali main di laga Persib Bandung…

11 jam ago