HEADLINE

175 Mahasiswa ITB Dapat Ganesha Award Atas Prestasinya di Masa Pandemi COVID-19

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Sebanyak 175 mahasiswa ITB, mendapatkan penghargaan Ganesha Award Tahun 2021. ITB memberikan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi, atas prestasi para mahasiswa yang tetap berkarya dan berinovasi sampai tingkat internasional meskipun dalam masa pandemi COVID-19.

Mengutip dari rilis yang diterima PASJABAR, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., mengatakan Ganesha Award 2021 hadir untuk memberikan inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa untuk menggapai mimpi.

“ITB sebagai lembaga pendidikan wajib memberikan atmosfer pendidikan yang baik untuk mahasiswanya. ITB membangun atmosfer kompetisi agar dapat bertanggung jawab dan mampu memberikan kontribusi untuk negeri di masa depan,” kata Jaka.

Direktur Direktorat Kemahasiswaan ITB Dr. G. Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn., menjelaskan, ada tiga poin penting dapat diambil dari prestasi yang diraih para mahasiswa ini. Pertama kecintaan pada pekerjaan yang dilakukan, kedua berinisiatif untuk memulai, dan ketiga memiliki keteguhan yang kuat hingga akhirnya mampu berprestasi.

Adapun Ganesha Award tahun ini terbagi menjadi beberapa bidang, yakni bidang Ganesha Perkasa (bidang olahraga), Ganesha Karya (bidang karya dan inovatif). Kemudian Ganesha Rasa (bidang seni, budaya, dan agama) dan Ganesha Karsa (bidang ilmiah dan sosial kemasyarakatan).

Motivasi untuk berprestasi

Salah satu mahasiswa ITB yang mendapatkan penghargaan ini, Ilham Subandoro mengisahkan motivasinya untuk berprestasi, yaitu para alumni ITB yang berprestasi dan selalu mendapatkan apresiasi dari  ITB. Selain itu, dukungan dari teman-teman dan pihak SBM ITB yang selalu membimbing mahasiswanya.

Ilham menjelaskan ada berbagai masalah yang sering dihadapinya saat mengikuti lomba atau kegiatan lainnya. Antara lain finansial, kesulitan membagi waktu dengan waktu kuliah, dan masa-masa demotivasi serta kelelahan saat menemui kekalahan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kata Ilham dengan selalu mengevaluasi diri dan meminta saran dari banyak pihak jika belum berhasil.

Sementara Angelica Wiliana, mahasiswa ITB yang juga mendapatkan penghargaan ini , mengatakan motivasinya untuk berprestasi adalah rasa ingin tahu. Angelica selalu belajar hal baru dan senang bertemu dengan orang baru.

Kesempatan untuk berkuliah yang tidak semua orang dapatkan, juga menjadikannya semangat untuk selalu mencetak prestasi. Sama halnya dengan Ilham, Angelica harus berjuang untuk mengikuti kompetisi, terutama untuk kompetisi yang biaya pendaftarannya cukup mahal.

Dia mengaku harus mengajar, untuk mendapatkan uang saku tambahan. Namun, dia tidak pernah menyesal atas apapun yang telah dijalani.

Penyerahan penghargaan ini dilakukan secara hybrid pada Sabtu (30/10/2021). Sebagian mahasiswa penerima penghargaan hadir di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha Kota Bandung. Sementara mahasiswa lainnya menerima penghargaan secara virtual.(ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Pemain Persib Ini Langsung Gabung Dengan Timnas ke Bahrain

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pemain Persib Dimas Drajad, langsung gabung dengan Timnas ke Bahrain, setelah kepulangan…

4 jam ago

Peringatan HUT TNI Jabar Dipusatkan di Makodam III Siliwangi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peringtan HUT TNI Jawa Barat dipusatkan di Makodam III Siliwangi, Sabtu (5/10/2024).…

6 jam ago

Kampus Merdeka, Prodi Bahasa Indonesia Unpas Kerjasama dengan PT PKM

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Raih program Kompetensi Kampus Merdeka Kemenristekdikti, Prodi Bahasa Indonesia FKIP Universitas Pasundan…

8 jam ago

Ricuh Laga Persib vs Persija, PSSI Jatuhkan Sanksi Denda Rp295 Juta untuk Panitia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menjatuhkan sanksi denda sebesar Rp295 juta…

9 jam ago

Film Conjurig Siap Sapa Penonton Tanah Air 2025 Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Aktor Dito Darmawan sebagai pemeran utama bakal beradu akting dengan penyanyi Maizura…

10 jam ago

Teknik Mesin Unpas Raih Dua Penghargaan Kejuaraan Nasional Rancang Bangun Mesin

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Tim Teknik Mesin Universitas Pasundan (Unpas) meraih dua penghargaan dalam ajang Lomba…

10 jam ago