PASJABAR

Minim Petani Muda, Jabar Terus Lakukan Inovasi

ADVERTISEMENT

KARAWANG, WWW.PASJABAR.COM Wakil  Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan untuk mendorong jumlah petani muda, perlu adanya inovasi gagasan dan penggunaan teknologi digital.

Alasannya, kata Uu jumlah petani muda di Jawa Barat masih minim, sementara sektor pertanian menjadi salah satu kunci bangkit perekonomian di Jawa Barat dari pandemi COVID-19.

Berdasarkan data BPS, jumlah petani di Jawa Barat kurang lebih sebanyak 3,6 juta dan hanya 11,11 %. Sehingga hal ini dapat memengaruhi dan kekahawatiran berbagai kalangan akan ketersediaan pangan di Jawa Barat pada  20 atau 30 tahun mendatang.

Salah satu Langkah yang dilakukan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengatasi hal tersebut dengan program petani milenial. Uu melihat dengan program ini, selain meningkatkan produk pangan dan perikanan di Jawa Barat.

Petani milenial mampu menjawab tantangan berat sektor pertanian di mana lahan makin sempit dan minat petani muda rendah. Untuk itu, Uu meminta seluruh kepala daerah aktif mengakselerasi program ini

“Kepala daerah juga ada gerakan-gerakan untuk melahirkan para petani yang masih muda, masih semangat dan produktif. Dengan petani milenial Pak Uu berharap, petani tidak akan habis ditelan waktu karena situasi dan kondisi,” kata Uu dalam rilis yang diterima PASJABAR.

Selain itu, Uu mendorong kaum milenial berani dan semangat menjadi petani. Terus mengembangkan diri dengan keilmuan melalui belajar dan pelatihan, terlebih dengan menguasai digitalisasi.

“Maka ajak teman-teman, mari bergabung dengan berbagai macam program pertanian. Ada tentang madu, sapi, teh dan padi. Pemerintah Provinsi Jawa Barat siap mendorong untuk menyukseskan program tersebut asal adik-adiknya mau, siap dan disiplin  untuk suksesnya petani milenial di Jawa Barat,” sambung Uu (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

3 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

4 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

5 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

6 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

6 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

6 jam ago