PASKESEHATAN

Dosen FKG Unpad Kembangkan Ini untuk Ibu Hamil, Alasannya?

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Kesehatan gigi dan mulut ibu hamil, sangat memengaruhi kondisi ibu dan janin. Untuk itu, dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unpad, Dr. Anne Agustina Suwargiani, drg., M.KM., mengembangkan model pengukuran status kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil.

Model bernama Pregnant Oral Self-Care – Package (POSC-p) ini, dapat menjadi data dasar untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil. Model ini merupakan disertasi Anne untuk promosi doktornya di Unpad, berjudul “Pengembangan dan Pengujian Model Pregnant Oral Self-Care – Package Berbasis Oral Health Scoring Terhadap Protein Penanda Inflamasi dan Motivasi Pencarian Pengobatan Kesehatan Gigi dan Mulut Ibu Hamil”.

“Pengukuran kesehatan gigi mulut ibu hamil ini, dapat digunakan untuk mengembangkan program pelayanan kesehatan gigi ibu hamil. Sesuai dengan keadaan yang ada, sehingga program pelayanan kesehatan gigi ke depannya dapat berjalan dengan efektif dan efisien,” ujar Anne dikutip dari rilis yang diterima PASJABAR, Rabu (24/11/2021).

Anne menerangkan model POSC-p dikembangkan dari Oral Health Scoring, untuk mendapatkan status kesehatan gigi dan mulut secara komprehensif dari ibu hamil.

Model ini meliputi tiga penilaian besar, yaitu kebutuhan yang dirasakan, pemeriksaan klinis, dan keadaan saliva. Digabungkan dengan pengujian protein penanda inflamasi dan motivasi pencarian pengobatan.

“POSC-p ini juga sebagai sarana peningkatan motivasi pada kesehatan gigi dan mulut ibu hamil,” ungkap Anne.

Berdasarkan hasil risetnya, diketahui bahwa alat ukur ini memiliki nilai validitas dan reabilitas yang tingggi. Diharapkan Anne, hasil riset ini dapat bermanfaat untuk diterapkan dalam promosi kesehatan ibu hamil di Indonesia.

“Model ini juga menjadi data dasar untuk pengambilan kebijakan dan menentukan program kesehatan gigi dan mulut dan besar pembiayaan dalam melaksanakan program tersebut,” jelas Anne.

Ibu hamil kelompok rentan

Anne menjelaskan, ibu hamil merupakan kelompok rentan mengalami gangguan kesehatan gigi dan mulut. Hal ini berkaitan dengan perubahan hormonal, yang mengakibatkan perubahan kondisi rongga mulut. Dua di antaranya, ibu hamil rentan mengalami infeksi pada mukosa mulut dan demineralisasi pada gigi.

“Sehingga hal tersebut menyebabkan rentan terjadi penurunan status kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil,” sambung Anne.

Menurut Anne, status kesehatan gigi dan mulut dapat berdampak pada kesehatan ibu dan janin. Infeksi yang dialami ibu hamil, jika dibiarkan dapat berakibat pada kondisi ibu dan janin. Seperti kontraksi sebelum waktunya, kelahiran premature, dan berat badan lahir rendah (BBLR). Selain itu, dapat berdampak juga pada penurunan kualitas hidup ibu dan bayi.

Sampai saat ini, sambung Anne pelayanan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil, belum dilakukan secara komprehensif. Untuk itu, diperlukan pengukuran yang komprehensif dan valid serta reliabel. Untuk menilai inflamasi serta meningkatkan motivasi ibu hamil. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

11 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

12 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

13 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

14 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

14 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

14 jam ago