PASJABAR

Ketua Dekranasda Jabar : Jangan Merasa Ekslusif Jadi Dekranasda

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Atalia Praratya Ridwan Kamil mengingatkan kepada pengurus Dekranasda Jabar dan kota serta kabupaten untuk rajin menyosialisasikan kegiatan dan program UMKM.

Pasalnya, Atalia menerima banyak laporan dari para pelaku UMKM, yang mengaku tidak pernah tahu tentang kegiatan dan program Dekranasda. Sehingga ada kesan jika Dekranasda merupakan organisasi yang eksklusif.

“Dari saya, pertama saya mencoba mengurai kebutuhan masyarakat saat ini, saya banyak mendapatkan masukan dan juga banyak yang tiba-tiba masuk e-mail, media sosial dan sebagainya. Mereka banyak yang tidak tahu kegiatan Dekranasda sehingga mereka merasa kita menjadi organisasi eksklusif,” terang Atalia dalam rilis yang diterima PASJABAR, Rabu (24/11/2021)

Dengan sosialisasi yang masif ini juga membantu menemukan potensi produk UMKM baru. Selain itu juga, produk UMKM yang dimunculkan juga bisa lebih beragam.

“Kita melakukan sosialisasi promosi produk termasuk program. Sehingga ada kegiatan perlombaan tidak dia lagi dia lagi,” sambung Atalia.

Selain itu, Atalia juga meminta kepada Dekranasda kota dan kabupaten, untuk memiliki database produk UMKM-nya. Database ini nantinya akan digunakan oleh Dekranasda Jabar untuk mempromosikan produk UMKM ke level yang lebih tinggi bahkan hingga pasar internasional.

Selain menyediakan database, Atalia juga berharap agar dekranasda kota dan kabupaten untuk memberikan penghargaan kepada produk UMKM yang terbaik dan menarik.

Dekranasda Award

“Kemudian juga saya berharap tahun depan, kota dan kabupaten melaksankan Dekranasda Award. Kalau pusat sudah melakukan, di provinsi dilakukan. Maka Dekranasda Award bisa didorong oleh kota dan kabupaten. Sehingga pada saat pelaksanaan Dekranasda Award, provinsi kami tinggal mengolektifkan dari 27 kota/kabupaten terbaik,” imbuh Atalia.

Atalia pun menitipkan pesan, supaya Dekranasda Jabar dan kota dan kabupaten memperkuat kolaborasi. Karena menurutnya, untuk mendorong pelaku UMKM tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja.

Apalagi, saat ini pelaku UMKM sangat membutuhkan dukungan untuk bisa bangkit lagi. Setelah lebih dari satu setengah para pelaku UMKM ‘berdarah-darah’ untuk bertahan dari pandemi COVID-19.

“Kita berharap di dalam Dekranasda kita bisa bertukar wawasan, bertukar pengalaman ilmu, yang Insyaallah bisa memajukan di daerah masing-masing,” beber Atalia.

Buku tenun

Tahun depan rencananya, Dekranasda Provinsi Jabar akan  fokus mendorong produk UMKM tenun. Hal ini sejalan dengan keinginan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), untuk mendorong kelahiran wirausaha baru tenun.

“Tahun 2022 kita akan mendorong tenun, kita juga saat ini sedang melakukan upaya yaitu membuat buku tenun Jawa Barat,” ucap Atalia.

Menurut Atalia, saat ini Dekranasda Jawa Barat sedang membuat buku tenun. Buku ini sedang disusun oleh para ahli dari ITB.

“Tidak main-main, timnya adalah doktor, bersama dengan jajaran yang sangat peduli dengan pengembangan tenun. Mudah-mudahan bisa menambah khazanah tenun di Indonesia,” pungkas Atalia. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Persija Akan Hadapi Persib Tanpa Rasa Takut

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persija Jakarta sudah siap tempur menghadapi Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1…

16 menit ago

Lawan Persija Masih Absen, Kapan David da Silva Main Lagi?

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - David da Silva masih dalam tahap pemulihan cedera. Pemain asal Brasil itu…

39 menit ago

Atmosfer di Persib Jelang Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung tengah bersiap menatap laga kontra Persija Jakarta dalam lanjutan Liga…

1 jam ago

KPU Kota Bandung Tetapkan Empat Paslon di Pilwakot Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung telah menetapkan empat pasangan calon (paslon)…

11 jam ago

KPU Jabar Tetapkan 4 Paslon Pilgub

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Melalui rapat pleno tertutup, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menetapkan…

14 jam ago

KPU Jabar Tetapkan DPT Pilgub 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT)…

15 jam ago