HEADLINE

Ribuan Aset Jabar Belum Termanfaatkan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengungkapkan, saat ini ada ribuan aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, yang belum termanfaatkan. Mulai dari bangunan hingga tanah kosong. Dari seluruh aset tersebut baru sekitar 5 % yang digunakan.

“Ada ribuan aset Pemda Provinsi Jabar yang belum termanfaatkan. Bagaimana kecepatan kita supaya aset-aset dikerja samakan,” ujar Kang Emil, sapaan akrab dari Ridwan Kamil, Selasa (23/11/2021)

Untuk itu, Pemprov Jabar membuka pintu lebar-lebar jika ada pihak yang ingin memanfaatkan aset pemprov. Asalkan, dilakukan melalui prosedur yang benar dan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan ekonomi masyarakat.

“Terpenting bermanfaat bagi semua,” imbuh Kang Emil.

Salah satunya, kata Kang Emil seperti  Laswee Creative Space yang kini menjadi daya tarik baru Kota Bandung. Komunitas bisa memanfaatkan fasilitas di dalam dan luar untuk kegiatan rutin. Berada di lokasi strategis Laswee Creative Space dapat menampung 300 pengunjung dalam setiap event dengan kondisi tanpa pandemi. Masyarakat umum juga bisa menikmati aneka kuliner, kedai kopi, hingga fashion di area retail space.

Laswee Creative Space berada di Jalan Laswi No 1 Kota Bandung, yang diresmikan Kang Emil pada Selasa 23 November 2021. Laswee Creative Space merupakan ruang kreatif masyarakat untuk berkreasi, diskusi hingga tempat ngopi. Gedung seluas 2.833 meter yang diubah menjadi kawasan kreatif oleh Koperasi Bima Sejahtera Sentosa dan PT Olah Kelola Ruang, merupakan aset milik Pemprov Jabar.

Menurut Kang Emil, perubahan fungsi aset milik pemerintah itu adalah instruksi dari Menteri Keungan RI Sri Mulyani. Aset milik pemerintah pusat dan daerah yang tidak termanfaatkan, supaya bisa dikelola masyarakat, selama menghasilkan nilai ekonomi. Pada saat sulit akibat pandemi COVID-19, pendapatan pemerintah turun drastis terutama dari sektor pajak.

“Pada saat pajak turun maka harus meningkatkan pendapatan dari sumber lain yaitu BUMD dan aset-aset pemerintah yang dimanfaatkan secara ekonomi dan bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Kang Emil. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

1 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

1 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

5 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

11 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

13 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

13 jam ago