HEADLINE

Pemkab Bandung Usulkan Akses Tol Cigatas di Tegalluar

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Seiring akan dibangunnya Jalan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya). Pemkab Bandung mengusulkan pembangunan akses atau gerbang tol, di kawasan Kota Baru Tegalluar, Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung Dadang Supriatna menjelaskan, usulan dibangunnya gate tol tersebut sangat penting bagi Kabupaten Bandung. Khususnya wilayah timur Kabupaten Bandung, juga dalam rangka percepatan pengembangan Kota Baru Tegalluar.

“Kita bersiap melakukan percepatan pengembangan Kota Baru Tegalluar. Kebetulan, pemerintah pusat akan membangun Tol Cigatas. Makanya kita usulkan untuk bisa dibangun akses tolnya di Tegalluar. Pendirian gate tol ini penting dan strategis untuk pengembangan Kota Baru Tegalluar ke depan,” tandas Bupati Bandung kepada wartawan, Kamis (25/11/21).

Percepatan pembangunan Kota Baru Tegalluar, menurutnya akan mendorong akselarasi kegiatan ekonomi-sosial di Kawasan Terpadu Permukiman (KTP) Tegalluar

Akses tol 1 dan 2 Tol Cigatas di Tegalluar ini, nantinya akan memfasilitasi pergerakan lokal, regional dan nasional. Dari dan menuju lokasi Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung, yang merupakan simpul transportasi di KTP Tegalluar.

“Kita juga memerlukan akses jalan baru, yang selama ini hanya mengandalkan jalan kolektor dan jalan arteri,” imbuh Dadang Supriatna.

Alasan lainya, lanjut Dadang, gate tol Cigatas di Tegalluar perlu dibangun. Alasannya, Tol Cigatas sendiri nantinya melintasi wilayah Kabupaten Bandung sepanjang 26 km.

“Sepanjang 26 kilometer dari Tol Cigatas ini melintasi wilayah Kabupaten Bandung. Jadi, sangat wajar kalau kita usulkan gate tol di wilayah Kabupaten Bandung juga, tepatnya di Tegalluar,” ungkap Kang DS, sapaan Dadang Supriatna.

Pemerataan pembangunan

Kang DS juga ingin dalam program pembangunannya ada pemerataan, sehingga pembangunan di wilayah timur Kabupaten Bandung pun perlu mendapat perhatian lebih.

Menurutnya, pembangunan untuk akses Tol Cigatas ini pun, bahkan sudah masuk dalam Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Terpadu Pemukiman (KTP) Tegalluar dan  Bagian Wilayah Pengembangan (BWP) Bojongsoang.

Padahal KTP Tegalluar dan BWP Bojongsoang ini, merupakan program strategis pemerintah pusat. Sehingga harus didukung pemprov (pemerintah provinsi) dan pemda (pemerintah daerah).

“Jadi, menurut kami sangat ironis kalau pemerintah pusat mengabaikan usulan pembangunan akses Tol Cigatas ini. Pertama, karena memang KTP Tegalluar dan BWP Bojongsoang ini merupakan proyek strategis pemerintah pusat. Kedua, karena sepanjang 26 kilometer Tol Cigatas  itu melintasi wilayah Kabupaten Bandung,” kata Kang DS. (ctk)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

56 menit ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

57 menit ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

58 menit ago

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

2 jam ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

2 jam ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

3 jam ago