PASJABAR

DPRD Jabar Minta Pemprov Perbanyak Desa Digital

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat menilai, pengembangan desa digital seperti yang berada di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung harus diperbanyak. Dari beberapa desa yang pernah dikunjungi pihaknya, seperti desa di Kabupaten Subang, Garut dan Tasikmalaya. Desa Cibiru Wetan merupakan salah satu yang paling maju.

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Ahab Sihabudin menyebutkan, Desa Cibiru Wetan merupakan konsep desa yang realisasinya paling maju dan unik. Sebab, dari beberapa desa digital di Jabar, desa ini sudah siap dengan digitalisasinya.

“Ini sangat membanggakan, khususnya bagi masyarakat desa yang ada di Jabar, harus turut menyukseskan desa digital ini. Sebagai kemajuan daerah pedesaan,” kata Ahab dalam rilis yang diterima PASJABAR, Jumat (26/11/2021).

Ahab menambahkan, adanya inovasi-inovasi yang dipadukan akan menciptakan inovasi baru. Sehingga akan sangat menunjang bagi desa dalam mengembangkan teknologi digitalisasi.

“Inovasi yang terbarukan inilah yang menjadi terobosan bagi kemajuan desa,” imbuh Ahab.

Dia berharap agar pengelolaan desa sejenisnya, diperbanyak. Baik itu antar desa yang melakukan studi banding maupun dari desa yang sudah maju, memberikan penyuluhan kepada desa tertinggal.

“Tentunya peranan pemerintah daerah sangat penting, terutama dalam aspek pelayanan, pelatihan dan pengelolaan desa digital,” sambung Ahab.

Dia mengatakan, salah satu produk digital yang menonjol dari desa ini, aplikasi bernama Simpel (sistem pelayanan) desa.  Bisa diunduh melalui aplikasi oleh masyarakat. Aplikasi berbasis telepon pintar tersebut, memungkinkan masyarakat mengakses sejumlah pelayanan, mulai dari administrasi sampai pengembangan ekonomi.

“Misalnya masyarakat dipermudah dengan adanya aplikasi simpel desa, masyarakat yang ingin mengajukan kebutuhan surat-menyurat hanya tinggal menekan tombol permohonan melalui aplikasi tersebut,” beber Ahab.

Bahkan, katanya, apabila surat yang dibutuhkan sudah tercetak. Masyarakat juga bisa memilih proses pengambilan. Bisa diambil langsung sendiri, atau menggunakan jasa ojek untuk dikirimkan ke rumahnya.

“Jadi bisa juga memberdayakan potensi ekonomi lain, yaitu jasa antar oleh tukang ojek,” pungkas Ahab. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

12 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

12 jam ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

12 jam ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

13 jam ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

13 jam ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

15 jam ago