PASDUNIA

Kenali Varian Baru COVID-19 yang Ditemukan di Afrika Selatan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan varian B11529 yang muncul di Afrika Selatan. Merupakan SARS-CoV-2, yang kemungkinan lebih cepat menular dibanding varian lainnya.

Melansir antara, Sabtu (27/11/2021) pihak WHO mengatakan bukti awal menunjukkan adanya peningkatan risiko infeksi berulang dan infeksi di Afrika Selatan. Terjadinya lonjakan drastis dalam beberapa pekan terakhir. Varian baru ini oleh WHO dinamai sebagai omicron.

“Varian ini mempunyai mutasi yang banyak, yang beberapa di antaranya mengkhawatirkan. Bukti awal memperlihatkan bahwa varian ini memiliki risiko infeksi berulang yang tinggi, jika dibanding dengan (varian yang diwaspadai) lainnya”, imbuhnya.

Lebih lanjut, pihak WHO, mengatakan varian ini masih dapat terdeteksi melalui test PCR. Untuk itu, WHO sebelumnya memperingatkan berbagai negara untuk tidak terburu-buru menerapkan pembatasan perjalanan, sehubungan dengan temuan varian baru tersebut.

Untuk diketahui, sejumlah negara langsung mewaspadai temuan varian B11529 di Afrika Selatan. Antara lain Uni Eropa dan Inggris. Kedua negara ini memperketat perbatasan, saat para ilmuwan sedang mencari tahu apakah mutasi tersebut resisten terhadap vaksin.

“Pada titik ini, pembatasan perjalanan harus dilakukan hati-hati,” kata juru bicara WHO Christian Lindmeier pada konferensi pers PBB di Jenewa.

Sejauh ini telah tercatat 100 urutan varian B11529. Sehingga masyarakat harus tetap menggunakan masker apabila memungkinkan, menghindari kerumunan, tetap menjaga ventilasi udara, dan kebersihan tangan. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

KPU Kota Bandung Tetapkan Empat Paslon di Pilwakot Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung telah menetapkan empat pasangan calon (paslon)…

7 jam ago

KPU Jabar Tetapkan 4 Paslon Pilgub

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Melalui rapat pleno tertutup, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menetapkan…

10 jam ago

KPU Jabar Tetapkan DPT Pilgub 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT)…

11 jam ago

Liverpool Geser Manchester City dari Puncak Klasemen

WWW.PASJABAR.COM -- Puncak kalasemen Liga Inggris berguncang setelah Liverpool berhasil menggeser sang pemuncak Manchester City.…

13 jam ago

Brace Luis Diaz Bawa The Reds Menang 3-0 atas Bournemouth

WWW.PASJABAR.COM -- Menjamu Bournemouth di pekan kelima Liga Inggris, Liverpool berpesta 3 gol tanpa balas.…

13 jam ago

PKM Unpas Bantu Sukseskan Kampung Inspirasi Lewat Aplikasi Pengelola Sampah

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - RW 17 Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, dikenal sebagai "Kampung Inspirasi"…

15 jam ago