HEADLINE

Ampas Tebu Bawa MTsN 1 Pati Raih Medali Emas di Kompetisi Internasional

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM Tim riset Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pati dari Provinsi Jawa Tengah, meraih medali emas untuk kategori Environment dalam ajang Innovation and Invention Competition (I3C). Kompetisi ini diselenggarakan oleh Malaysia Innovation, Invention and Creativity Association (MIICA).

Tim MTsN 1 Pati yang terdiri dari Arifianti Atiqotuz Zahro, Rindu Jenar Asmaranti, Lu’lu’ Zahira Juair, Izza Raihanun Sekarlangit, dan Diera Sarah Dzikriyah. Riset inovatif mereka, terkait manfaat ampas tebu sebagai peredam bunyi. Dengan judul penelitian, A Compossite of Bagasse as Sound-Dampening Acoustic Material.

Salah satu anggota tim, Lu’lu’ menerangkan, proses pembuatan komposit ini menggunakan material berupa serat ampas tebu sebagai filler dan Polyvinyl Acetate (PVAc) sebagai matriks. Sampel dibuat dengan ketebalan yang berbeda, namun memiliki perbandingan antara matriks dan filler yang tetap. Setelah pembuatan komposit selesai, kemudian dilanjutkan dengan proses pengujian yang dilakukan di Laboratorium IPA MTsN 1 Pati.

“Selain dapat mengurangi kebutuhan manusia terhadap bahan kayu. Dan dapat mengurangi illegal logging yang berpotensi menyebabkan bencana alam. Papan komposit ini juga dapat dimanfaatkan, sebagai penyerap bunyi dan mengurangi kebisingan,” kata Lu`lu` dikutip PASJABAR dari laman kemenag.go.id, Selasa (30/11/2021).

Pembimbing riset, Khaerul Umam, berpesan kepada siswa-siswa yang tergabung dalam tim riset. Supaya tidak mudah puas, dengan prestasi yang telah diraih.

“Yang terpenting bukan hasil, tetapi proses dalam pelaksanaan riset sebagai bekal dalam berinovasi. Berliterasi, kaya akan ide dan gagasan, serta bermanfaat baik bagi masyarakat maupun lingkungan,” imbuh Khaerul. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

13 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

14 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

15 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

16 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

17 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

18 jam ago