PASPENDIDIKAN

ITB Sabet Juara II Dalam Kontes Robot Terbang Indonesia

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM ITB melalui tim Bhimasena Digjaya meraih juara II, dalam kontes robot terbang Indonesia (KRTI) untuk kategori flight controller development.

“Flight controller merupakan sistem computer, yang bertanggung jawab mengawasi dan mengontrol pergerakan pesawat nirawak. Ada dua aspek dari lomba ini, yakni hardware dan firmware atau perangkat lunaknya,” kata Ketua tim Bhimasena Digjaya, Ronggur dikutip dari laman ITB, Rabu (1/12/2021)

Fitur firmware yang mereka bawakan, pengembangan dari tahun sebelumnya, yang mencakup mode terbang manual, fly-by-wire, dan auto. Menggunakan Arduino IDE dalam bahasa pemrograman C++, firmware yang dirancang mampu menunjang fitur Hardware in the Loop (HITL).

Tim ini juga melakukan improvisasi dari hardware tahun lalu. Hardware garapan mereka berbasis STM32, yang memiliki port dan terhubung dengan RasPi. Memiliki circuit protection, serta dilengkapi dengan fitur IMU (Inertial Measurement Unit) yang meliputi barometer, kompas, dan mikrokontroler yang tertanam.

Tim Bhimasena Digjaya diperkuat 17 mahasiswa dari jurusan dan angkatan yang beragam dengan bimbingan Dr. Yazdi Ibrahim Jenie, S.T., M.T. Anggota tim bersama-sama belajar dan ditempa di Aksantara ITB. Sebuah unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang robotika. Persiapan matang, dilakoni selama hampir tujuh bulan dan semakin intens sampai menjelang perlombaan. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Polres Cimahi Ringkus Lima Begal Sadis di Cianjur dan Padalarang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Satreskrim Polres Cimahi berhasil menangkap lima pelaku begal yang meresahkan masyarakat di…

3 jam ago

Dadang Supriatna-Ali Syakieb Resmi Dapat Nomor 2, Siap Bangun Bandung Lebih Bedas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Ali Syakieb (Bedas) mendapat…

4 jam ago

Kabinet Ala Koalisi Gemoy

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Setelah…

5 jam ago

Sumur Bor Wakaf Salman di NTT Sukses Hadirkan Solusi Air Bersih

MANGGARAI BARAT, WWW.PASJABAR.COM--Wakaf Salman meresmikan Wakaf Air Sumur Bor di Kampung Tondong Bilas, Kecamatan Mbeliling,…

5 jam ago

Rayakan HUT ke-79, Lanud Husein Gelar Bakti Kesehatan dan Sembako Gratis

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Lanud…

6 jam ago

Gol Dimas dan Ryan Bantu Persib Kandaskan Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Persib Bandung menang dengan skor 2-0 atas Persija Jakarta di Stadion  Si…

6 jam ago