HEADLINE

Menko PMK : KIBS Jadi Jalan Pemuliaan Kebudayaan Sunda

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Yayasan Rancage menggelar Konferensi Internasional Budaya Sunda (KIBS) ke-3, pada 1 hingga 3 Desember 2021. Agenda rutin 10 tahunan ini, pada tahun ini berlangsung secara virtual dengan mengusung tema Merambah Jalan Baru Kebudayaan Sunda.

KIBS ke-3 ini menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri, antara lain Prof. Dr. Mikihiro Moriyama (Jepang), Henri Chambert Loir (Prancis), Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, mantan Rektor Unpad Prof. Dr. Ganjar Kurnia, dan mantan Menkominfo RI  Rudiantara.

Para pembicara akan membahas turunan dari tema besar, di antaranya bidang ekonomi, kebudayaan, bahasa, digital dan lain-lain.

“Kita ingin memetakan jalan baru arah kebudayaan Sunda dewasa ini, sesuai dengan perkembangan zaman, dilihat dari berbagai segi,” ungkap Ketua Pelaksana KIBS ke-3, Teddi Muhtadin dikutip dari rilis yang diterima PASJABAR, Rabu (1/12/2021).

Acara ini, dibuka Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Menurutnya,  KIBS sejalan dengan amanat UU Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemuliaan Kebudayaan.

“Ini sudah sejalan dengan Undang- Undang Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemuliaan Kebudayaan. Ya, meskipun setelah lebih dari 20 tahun Indonesia merdeka, baru tahun 2017 kita memiliki undang-undang kebudayaan” imbuhnya.

Muhadjir menerangkan, KIBS bisa menjadi jalan pemuliaan kebudayaan Sunda, karena bisa berdialog dengan para pemikir dunia tentang kebudayaan.

“Dengan KIBS ini, kemajuan atau arah pemuliaan budaya Sunda bisa didialogkan dengan para pemikir dunia. Yang akhirnya, bisa memperkaya jalan pemikiran budaya Sunda dan pada akhirnya memperkaya budaya nasional” tutupnya. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Khoirul Anam Resmi Pimpin KPU Kota Bandung, Proses Pilwalkot Tetap Berjalan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung Wenti Frihadianti resmi digantikan oleh…

43 menit ago

Sakedap Drive Thru Permudah Pelaku Usaha Mikro di Kota Bandung Urus Perizinan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung kembali menghadirkan inovasi guna mempermudah pelaku usaha mikro, kecil,…

2 jam ago

Pemkab Bandung Gelar Rapat Evaluasi Penanganan Bencana Gempa Bumi di Kertasari

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung bersama berbagai instansi terkait mengadakan rapat evaluasi dan rencana…

3 jam ago

Dadang Hermansyah Terpilih sebagai Ketua DPD PPSI Kota Bandung Periode 2024-2028

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam Konferensi Daerah (Konferda) Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Kota Bandung 2024,…

4 jam ago

Ciro Alves soal Persib Vs Persija Tanpa David da Silva

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung harus menghadapi Persija Jakarta tanpa diperkuat David da Silva. Meski…

4 jam ago

Persija Akan Hadapi Persib Tanpa Rasa Takut

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persija Jakarta sudah siap tempur menghadapi Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1…

4 jam ago