HEADLINE

Promosi Doktor Deni Rustandi Kupas Kinerja Dosen Tetap di STIE Jabar

ADVERTISEMENT

BANDUNG,WWW.PASJABAR.COM–Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Deni Rustandi, mahasiswa program doktor Ilmu Manajemen pada Rabu (1/12/2021).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr.Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No 41 Kota Bandung ini diketuai oleh rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf, Sp., M.Si., M.Kom.IPU

Adapun disertasi yang disidangkan berjudul Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Dosen Tetap yang Dimoderasi Oleh Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Tim promotor diketuai oleh Prof. Dr. H.M. Sidik Priadana, M.S, dan Dr. Atty Tri Juniarti S.E, M.Si sebagai anggota.

Deni Rustandi dalam pemaparannya mengungkapkan bahwa Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan menganalisis deskripsi dan pengaruh Kepemimpinan transformasional, kompensasi dan motivasi terhadap kepuasan kerja serta implikasinya pada kinerja dosen yang di moderasi oleh penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) di Jawa Barat.

“Penelitian Ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif sehingga penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif, yaitu mengumpulkan menyajikan, menganalisis dan menguji hipotesis untuk mendapatkan kesimpulan dan saran dengan menggunakan path analysis atau analisis Jalur,” ungkapnya.

Penelitian dilakukan pada Sekolah Tinggi timu Ekonomi (STIE) di Jawa Barat, terang Deni menggunakan sampel penelitian sebanyak 298 responden yang diwakili oleh dosen tetap dari jumlah populasi sebanyak 1173. Di mana data diperoleh dari kuesioner 5 poin skala ordinal.

“Hasil analisis data menunjukan bahwa pada analisis deskriptif. Kepemimpinan transformasional dengan kriteria cukup baik menuju baik, kompensasi cukup baik menuju baik dan motivasi cukup baik menuju baik,” ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa kepuasan kerja dosen cukup baik menuju baik, sementara itu, kinerja dosen cukup baik menuju baik.

“Hasil analisis verifikatif menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara Kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja dosen, terdapat pengaruh yang signifikan antara kompensasi terhadap kepuasan kerja dosen, terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap kepuasan kerja dosen,” ulasnya.

Di samping itu, terdapat pengaruh secara simultan antara kepemimpinan transformasional, kompensasi dan motivasi terhadap kepuasan kerja dosen.

“Terdapat juga pengaruh antara kepuasan kerja terhadap kinerja dosen dan terdapat pengaruh antara kepuasan kerja terhadap kinerja dosen yang di moderasi oleh Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) di Jawa Barat,” ungkapnya.

Hasil dari sidang ini Deni Rustandi pun dinyatakan lulus dengan IPK 3,54 dan hasil yudisium sangat memuaskan.

Deni juga menyampaikan bahwa selama berkuliah di Unpas, ia merasa senang dan berharap Unpas akan semakin maju ke depannya.

“Semoga Unpas menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia, menjadi is the best in Indonesia. Serta kedepan ada di klaster satu, karena guru besarnya lebih banyak dibandingkan yang lain,” ucapnya.

“Saya juga berharap, mudah-mudahan Unpas bisa mengembangkan potensi dan menjawab tantangan revolusi industri 4.0,” pungkasnya. (tie/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

24 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

1 jam ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

2 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

2 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

3 jam ago