HEADLINE

Promosi Doktor Ayu Laili Rahmiyati Kupas Tuntas Kinerja Keuangan Puskesmas

ADVERTISEMENT

BANDUNG,WWW.PASJABAR.COM–Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ayu Laili Rahmiyati, mahasiswa program doktor Ilmu Manajemen pada Kamis (2/12/2021).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr.Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No 41 Kota Bandung ini diketuai oleh rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf, Sp., M.Si., M.Kom.IPU

Adapun disertasi yang disidangkan berjudul Pengaruh Penerapan Pola Tata Kelola BLUD, Kemampuan Manajemen, Sistem Informasi Keuangan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Serta Implikasinya Pada Kinerja Keuangan Puskesmas (Survei Pada Puskesmas BLUD Di Bandung Raya).

Tim promotor diketuai oleh Prof. Dr. H. Tb Hasanuddin, M.Sc., Ak.P. sebagai Promotor dan Dr.Hj. Ellen Rusliati, SE., MSIE sebagai Co.Promotor.

Ayu mengungkapkan bahwa latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena bahwa puskesmas merupakan layanan kesehatan primer yang mempunyai alur birokrasi yang panjang dalam proses pencairan dana dan adanya ketentuan pengelolaan keuangan yang membatasi kelancaran pelayanan serta sulitnya mengukur kinerja.

“Hal ini menyebabkan pemerintah melakukan reformasi tata kelola puskesmas menjadi tata kelola Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang menerapkan prinsip fleksibilitas dan kemandirian pengelolaan keuangan, yang bertujuan meningkatkan kinerja keuangan puskesmas,” ujarnya.

Penelitian ini terang Ayu bertujuan untuk menganalisa pengaruh penerapan tata kelola BLUD, kemampuan manajemen, system informasi keuangan terhadap kualitas laporan keuangan serta implikasinya pada kinerja keuangan puskesmas BLUD, baik secara simultan maupun secara parsial.

“Penelitian ini menjelaskan hubungan kausal atau sebab-akibat antar variable dan menguji hipotesis penelitian. Teknik penentuan data dilakukan dengan Teknik probability sampling. Metode analisis menggunakan Parth Analysis,” ulasnya.

Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan tata kelola BLUD, kemampuan manajemen, system informasi keuangan terhadap kualitas laporan keuangan sebesar 77.67%.

“Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari penerapan tata kelola BLUD terhadap kualitas laporan keuangan (18.93%), kemampuan manajemen terhadap kualitas laporan keuangan (25.83%), dan sistem informasi keuangan terhadap kualitas laporan keuangan (32,91%),” tambahnya.

Di samping itu, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari kualitas laporan keuangan terhadap kinerja keuangan sebesar 82.1 %, adapun pengaruh variabel lain yang tidak diteliti, sebesar 17,9 persen.

Hasil dari sidang ini Ayu Laili Rahmiyati pun dinyatakan lulus dengan IPK 3,62 dan hasil yudisium sangat memuaskan.

Selama berkuliah di Unpas, Ayu yang saat ini aktif sebagai dosen di UNJANI Cimahi mengaku bangga, karena proses pembelajaran di Unpas sangat menyenangkan.

“Saya merasa bangga berkuliah di Unpas, dosennya ramah-ramah, semoga ke depan Unpas dapat lebih baik lagi, terlebih Unpas telah memiliki akreditasi A,” ujarnya.

“Selamat untuk Unpas, semoga terus menjadi kampus yang maju, unggul dan kebanggaan di Jawa Barat,” tandasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

9 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

10 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

11 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

12 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

12 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

12 jam ago