HEADLINE

Pandemi COVID-19 Belum Usai, Prokes Sudah Turun

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito mengungkapkan mobilitas penduduk terus meningkat. Dari data, mobilitas kereta api meningkat lima kali lipat dalam lima bulan terakhir.

Jumlah perjalanannya per Juli 2021, sekitar 100 ribu perjalanan. Sedangkan November 2021 ini meningkat hampir mencapai 600 ribu. Mobilitas dengan pesawat terbang juga meningkat mencapai 350%, dalam lima bulan terakhir.

Per Juli 2021, jumlah perjalanannya sekitar 350 ribu, sedangkan per November 2021 meningkat hingga sekitar 1,6 juta penerbangan.

Selain itu, kata Wiku terjadi juga penurunan kepatuhan protokol kesehatan (prokes). Cakupan desa dan kelurahan, yang patuh memakai masker dan menjaga jarak mengalami penurunan.

Rinciannya, cakupan desa dan kelurahan yang patuh memakai masker turun dari, 76,42% menjadi 74,91%. Sedangkan menjaga jarak turun dari 78,60% menjadi 77,69%. Jumlah laporan desa dan kelurahan yang dipantau juga terus mengalami penurunan, dari sekitar 21 ribu desa dan kelurahan pada bulan Juli 2021, menjadi hanya sembilan ribu per minggu ini.

“Ini menunjukkan bahwa pengawasan dan pelaporan pada prokes sudah mulai longgar,” ucap Wiku dikutip PASJABAR dari keterangan resminya, Jumat (3/12/2021).

Untuk itu, pihaknya mengingatkan kepada pemerintah daerah. Guna memonitor penerapan prokes, di daerahnya masing-masing dan juga daerah sekitarnya.

Menurut Wiku, masyarakat yang menerapkan protokol kesehatan ketat menjadi hal yang mudah dan sederhana, di tengah meningkatnya mobilitas dan ancaman varian baru omicron.

“Penerapan protokol kesehatan adalah cara utama kita, untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita,” tegas Wiku. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

7 menit ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

37 menit ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

1 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

1 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

2 jam ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

3 jam ago