HEADLINE

Permendikbud Ristek No 30/2021 Jalan Hentikan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM Ketua Komisi Nasional (Komnas) Perempuan, Andy Yentriyani menilai hadirnya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Permendikbud Ristek) Nomor 30 Tahun 2021, sebagai langkah pemerintah untuk menghentikan kekerasan terhadap perempuan.

“Khususnya kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi,” tegas Andy dikutip PASJABAR dari antara, Jumat (3/12/2021)

Permendikbud Ristek Nomor 30 Tahun 2021, merupakan peraturan yang membahas mengenai pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi.

Sayangnya, Permendikbud Ristek Nomor 30 Tahun 2021 menuai polemik di tengah masyarakat. Beberapa pihak memandang bahwa lahirnya peraturan tersebut, seolah memberi celah untuk melakukan zina di lingkungan perguruan tinggi.

Tujuan dari lahirnya Permendikbud Ristek Nomor 30 Tahun 2021, untuk memberi payung hukum yang kuat dan menjadi upaya pencegahan terjadinya kasus kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi.

Menurut Andy, peraturan ini memberi harapan yang besar bagi korban. Untuk berani berbicara dan memperjuangkan hak-hak mereka, yang direnggut pelaku kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi.

“Ini terlihat bahwa segera setelah terbitnya kebijakan tersebut. Kawan-kawan muda di berbagai kampus semakin kuat bergerak mendukung korban, untuk mengungkapkan kondisi kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan mereka,” tandas Andy.

Pihaknya berharap, melalui peraturan tersebut, korban kekerasan seksual dapat tertangani dengan lebih baik dan peristiwa serupa tidak lagi terulang. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

5 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

6 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

7 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

8 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

8 jam ago