PASBUDAYA

Kemendikbudristek Nilai Garut Miliki Banyak Cagar Budaya

ADVERTISEMENT

GARUT, WWW.PASJABAR.COM Untuk menjaga kelestarian cagar budaya yang ada di Kabupaten Garut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, untuk mengklasifikasikan bangunan dan tempat cagar budaya.

“Kita mendorong baik pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan untuk tentunya yang banyak ini. Untuk segera mengusulkan tempat-tempat sebagai cagar budaya,” terang Direktur Pelindungan Kebudayaan Kemendikbudristek, Irini Dewi Wanti dikutip dari Antara, Minggu (5/12/2021).

Irini mengatakan Kemendikbudristek menilai Kabupaten Garut, memiliki banyak peninggalan bersejarah atau cagar budaya maupun warisan budaya yang harus dijaga dan terpelihara dengan baik.

Menurut Irini, pemerintah daerah harus menetapkan setiap tempat yang menjadi warisan budaya, untuk selanjutnya ditentukan tingkatannya sesuai dengan kajian.

“Tingkatannya nanti sesuai dengan hasil kajiannya,” sambung Irini.

Sementara Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Golkar, Ferdiansyah mendorong Pemerintah Kabupaten Garut untuk segera menetapkan klasifikasi cagar budaya yang ada di wilayahnya. Untuk ditentukan sebagai cagar budaya nasional, provinsi, atau kabupaten.

Ferdiansyah berharap, nantinya lokasi yang ditetapkan sebagai cagar budaya bisa menjadi daerah tujuan wisata. Khususnya untuk wisatawan yang senang dengan peninggalan bersejarah.

Lebih lanjut, ia mencontohkan salah satu bangunan cagar budaya di Garut, di antaranya Markas Komando Resor Militer (Korem) Tarumanagara, dan Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Garut yang bisa menjadi destinasi wisata budaya.

“Bisa menjadi daerah tujuan wisata bagi orang yang senang dengan cagar budaya. Disparbud juga begitu, bukan hanya kantor Disparbud, tetapi juga menjadi daerah tujuan wisata. Itu untuk nilai kemanfaatannya, nilai pelindungannya sering dilakukan berdasarkan kajian,” tegasnya. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

10 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

11 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

12 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

13 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

13 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

13 jam ago