PASJABAR

5 Desa di Jabar Dapat Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 pada lima desa, yang ada di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Sebanyak 1.831 desa dari 34 provinsi di Indonesia mengikuti ajang ini. Kemudian, disaring menjadi 300 desa, 100 desa, dan akhirnya terpilih 50 desa wisata terbaik dalam ADWI 2021.

Adapun anugerah untuk kategori desa wisata. Meliputi kategori daya tarik wisata (alam dan buatan, serta seni budaya), kategori homestay, kategori souvenir (fashion, kriya, dan kuliner), kategori CHSE, kategori toilet umum, kategori konten kreatif, dan kategori desa digital.

kelima desa di Jabar yang meraih juara, yakni Desa Gegesik Kulon Kabupaten Cirebon (Juara 2 Kategori Konten Kreatif), Desa Alam Endah Kabupaten Bandung (Juara 2 Kategori Desa Digital).

Kemudian Desa Ciburial Kabupaten Garut (Juara 2 Kategori Toilet Umum), Desa Cisande Kabupaten Sukabumi (Juara 5 Kategori Toilet Umum), dan Desa Selasari Kabupaten Pangandaran (Juara 4 Klasifikasi Khusus Desa Wisata Maju ADWI 2021).

“Acara ini digelar untuk meningkatkan kompetensi desa wisata di Indonesia, sesuai dengan potensi dan keunggulannya masing-masing. Agar sektor pariwisata terus berkembang terutama di desa,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam rilisnya, Rabu (8/12/2021)

Menurut Sandiaga Uno, dunia pariwisata saat ini bisa menjadi milik desa.

“Oleh karena itu temanya adalah “Dari Desa, Indonesia Bangkit”,” ujarnya. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Rakernas 2024, Paguyuban Pasundan DKI Jakarta Soroti Tantangan Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jakarta turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas)…

23 menit ago

Paguyuban Pasundan Wilayah Papua Ikuti Rakernas 2024, Dapat Motivasi Jaga Nilai Kesundaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Provinsi Papua untuk pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Sampaikan Pembekalan Strategi Budaya Membangun Bangsa di Raker Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sekaligus Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyampaikan…

2 jam ago

Ribuan Warga Jabar Ikuti Senam Bersama Porpi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Ribuan warga dari kabupaten/Kota di Jabar ikuti Senam Bersama Persatuan Olahraga Pernafasan…

3 jam ago

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

16 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

16 jam ago