PASJABAR

Hindari Korupsi oleh ASN, Ini Langkah dari Inspektorat Provinsi Jabar

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Guna menghindari kasus korupsi yang dilakukan ASN ,di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar. Inspektorat Provinsi Jabar sepanjang 2021 melakukan berbagai program untuk meningkatkan keterlibatan ASN dalam pemberantasan korupsi.

Misalnya mengoptimalkan e-Daulat, yakni aplikasi konsultasi dan advokasi untuk pengelolaan keuangan, e-Tancap untuk pengelolaan pengaduan masyarakat, dan membenahi sistem untuk mengelola whistleblowing system.

Selain itu dilakukan juga pembenahan dan peningkatan pengelolaa  Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) di lingkungan Inspektorat dan pembentukan UPG di setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

“Sudah 36 OPD yang memiliki UPG, tahun depan saya harap seluruh OPD memiliki unit ini, sebagai bentuk integritas ASN menolak segala bentuk gratifikasi,” kata Inspektur Daerah Jabar, Eni Rohyani dalam rilisnya, Jumat (10/12/2021)

Dinas Pendidikan katanya meluncurkan Modul Insersi Pendidikan Antikorupsi untuk SMA, SMK dan SLB di Jabar, serta pelatihan antikorupsi untuk seluruh ASN yang dilaksanakan oleh BPSDM.

“Semua itu inline dengan komitmen untuk menyemai bibit antikorupsi sejak dini,” imbuhnya.

Dalam puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021, Pemprov Jabar meraih penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Untuk penerapan tata kelola yang baik dalam pemerintahan terkait dengan gratifikasi melalui program Monitoring Centre for Prevention (MCP).

“Kita layak mendapatkan penghargaan karena mampu menunjukkan kerja bersama dan sama – sama bekerja antara inspektorat dengan seluruh OPD,” tutur Eni. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Rakernas 2024, Paguyuban Pasundan DKI Jakarta Soroti Tantangan Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jakarta turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas)…

22 menit ago

Paguyuban Pasundan Wilayah Papua Ikuti Rakernas 2024, Dapat Motivasi Jaga Nilai Kesundaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Provinsi Papua untuk pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Sampaikan Pembekalan Strategi Budaya Membangun Bangsa di Raker Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sekaligus Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyampaikan…

2 jam ago

Ribuan Warga Jabar Ikuti Senam Bersama Porpi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Ribuan warga dari kabupaten/Kota di Jabar ikuti Senam Bersama Persatuan Olahraga Pernafasan…

3 jam ago

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

16 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

16 jam ago